Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Antara Kebablasan Dan Pembengkakan Kualitas (2)

Sabtu, 18 Desember 2021 06:20 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Kelompok optimistik ini beranggapan, yang terjadi dewasa ini bukanlah dekadensi moral fatal seperti yang digambarkan kelompok pesimis. Tapi yang terjadi saat ini ialah pembengkakan kualitas umat dan warga bangsa. Buah dari proklamasi dan kebebasan berekspresi dan berkreasi.

Akibatnya, budaya membeo dan “Yes, Man” sudah mulai ditinggalkan orang. Mereka membedakan secara kritis antara dekadensi moral dan pembengkakan kualitas umat.

Baca juga : Antara Kebablasan Dan Pembengkakan Kualitas

Yang terjadi di masyarakat kita bukan krisis keadaban publik, tapi meningkatnya daya kritis masyarakat sebagai akibat peningkatan kualitas pendidikan yang berbanding lurus dengan terbukanya kebebasan berpendapat di masyarakat.

Pandangan kritis yang disampaikan seseorang atau kelompok orang, tidak mesti harus diartikan sebagai ketidakberadaban. Situasi batin dan mental sebagian di antara kita yang belum bersedia menerima perubahan drastis ini.

Baca juga : Tidak Masa Bodoh Terhadap Kemungkaran

Selama kita berada dalam bimbingan akal sehat dan tetap berpegang teguh kepada nilai-nilai luhur bangsa dan agama, di situ ada keyakinan bahwa Tuhan insya Allah akan tetap bersama kita.

Kita tidak boleh pesimistik dan berkecil hati menatap dan menata masa depan. Nabi Muhammad pernah memberikan sugesti: “Sekalipun besok sudah pasti kiamat, tetaplah kalian menanam pohon!”. Subhanallah.(*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.