Dark/Light Mode

Membaca Kecenderungan Migrasi Muslim (1)

Kamis, 20 Januari 2022 06:30 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Negara-begara bangsa (nation states) saat ini menjadi ciri khas dunia internasional. Seluruh permukaan bumi sudah terkavling-kavling oleh batas-batas kenegaraan yang mengacu kepada kondisi subyektif dan kondisi obyektif, sehingga antara satu negara dengan negara lain memiliki distingsinya masing-masing.

Baca juga : Fastabiqul Khairat (2)

Pembagian negara musuh (dar al-harb), negara muslim (dar al-silm), dan negara non muslim yang menjalin perjanjian damai (dar al-‘ahd) yang perang mengambil bentuk dalam lintasan sejarah sejumlah dunia Islam, tidak serta merta harus di-copy paste ke dalam dunia Islam modern.

Baca juga : Fastabiqul Khairat (1)

Spirit universalitas Islam tetap perlu menjadi perhatian kita bersama. Nabi selalu mencontohkan bagaimana besar apresiasinya terhadap warga non muslim yang tinggal di negeri muslim. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.