Dark/Light Mode

Islam Dan Kultur Maritim (1)

Kamis, 10 Februari 2022 07:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Secara sosio-antropologis, kita bisa memetakan perbedaan cara pandang (world views) dan kosmologi antara masyarakat continental dan masyarakat maritime. Masyarakat continental sering dicirikan dengan sebuah masyarakat yang memiliki lapis-lapis masyarakat (social stratifications) yang beragam. Anggota masyarakatnya memiliki kelas-kelas sosial (social structure) yang bertingkat-tingkat. Semakin tinggi kelas suatu kelompok, semakin banyak mereka memiliki hak-hak privacy dan privilege.

Baca juga : Konsolidasi Membaca Trend Masa Depan (2)

Elit-elit masyarakat continental dalam lintasan sejarah sering dicirikan sebagai ‘tuan tanah’, memiliki peluang politik lebih besar untuk menguasai masyarakat, dan sering dijadikan sebagai referensi di dalam masyarakat dalam berbagai negeri. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.