Dark/Light Mode

Islam Dan Kultur Maritim (2)

Jumat, 11 Februari 2022 06:40 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Demikian pula semua Nabi dan Rasul-Nya diturunkan di negeri continental. Tidak pernah dikenal ada Nabi atau Rasul turun di negeri maritime. Mungkin rahasianya antara lain, justru tantangan dunia kemanusiaan itu pada umumnya datang dari masyarakat continental. Sikap ketidakadilan, diskriminasi, dan penindasan lebih banyak melekat pada masyarakat continental ketimbang masyarakat maritim.

Baca juga : Islam Dan Kultur Maritim (1)

Dalam masyarakat maritim seperti di kawasan Nusantara, Tuhan tidak perlu menurunkan wahyu, Nabi, dan atau Rasul di sana karena basic karakternya sudah lebih soft. Cukup Ia mengutus Wali Songo, maka masyarakat Nusantara sudah bisa menjadi muslim/muslimah yang baik. Begitu mudah Wali Songo mengislamkan wilayah Nusantara. Tidak perlu melalui peperangan dan ketegangan. Kemudahan penduduk memelauk agama Islam karena nilai-nilai Islam dianggap bukan ‘benda asing’ tetapi sudah inherent di dalam diri dan kepribadian bangsanya.(*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.