Dark/Light Mode

Tolak Bala (3)

Sabtu, 26 Maret 2022 06:37 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Besar atau kecil nominasi nilai spiritual saving ditentukan oleh Tuhan. Boleh jadi menurut kita jumlahnya kecil atau kurang tetapi di mata Tuhan nilainya amat besar karena dilakukan dengan penuh keikhlasan. Bileh kadi kita beranggapan banyak, tetapi di mata Tuhan nilainya kecil karena tidak dilakukan dengan penuh keikhlasan, apalagi jika disertai dengan riya’.

Baca juga : Tolak Bala (2)

Sebanyak apapun spiritual saving jika dilakukan dengan riya’, sengaja dipamerkan, maka pasti nilai saving-nya berkurang. Kita dipesankan oleh ulama besar. Ibn ‘Atha’illah: “Tanamlah seluruh amal kebajikanmu di bumi ketidak terkenalan jika akan panen di akhirat. Segala amal kebajikan yang ditanam di bumi keterkenalan, hanya akan panen di dunia tidak lagi bisa dipanen di akhirat”.(*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.