Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Habis Caci Maki, Terbit Mimpi Kursi

Rabu, 24 Juli 2019 06:38 WIB
Prof. Tjipta Lesmana
Prof. Tjipta Lesmana

 Sebelumnya 
Produksi dan harga daging sapi, cabe, bawang, jagung dan lain-lain menunjukkan angka yang bagus. Justru Menteri Pertanian yang sekarang berjibaku melawan para mafia pangan!

Ekspor pertanian menembus hingga Argentina. Data BPS menunjukkan Nilai Tukar petani kita 2014-2018 naik 0,43% dan Nilai Tukar Usaha Pertanian naik 5,45%. Inflasi bahan makanan 2017 hanya 1,26%, turun drastis dibandingkan 2014: 10,57%.

Terakhir, masih dalam debat calon presiden, Prabowo menuduh rakyat Indonesia semakin miskin karena tanah dikuasai segelintir elit. Hebatnya, Jokowi balik menohok Prabowo yang ternyata menguasai tanah seluas 1,3 juta hektar di Kalimantan.

Baca juga : Mendesak, Pelibatan TNI Mengatasi Terorisme

Prabowo yang ternyata seorang humoris balik menjawab lagi: “Kalau negara membutuhkan, saya bisa mengembalikan.” Jokowi tidak kehabisan akal: “Kalau mau mengembalikan, saya tunggu. Akan saya bagikan kepada rakyat kecil!”

Hampir setahun kampanye pemilu, yang resmi maupun ti dak resmi, menjadi tontotan ma syarakat. Serangan, tudingan, bahkan fitnah, lebih banyak datang dari kubu Prabowo.

Namun, setelah Mahkamah Kons titusi menjatuhkan putusannya pada akhir Juni yang lalu, tirai panggung raksasa pun diturunkan. Drama raksasa yang sangat panjang dinyatakan resmi berakhir. Setelah proses pemilu 2019 berakhir, dan Prabowo menerima kekalahannya, bahkan mengucapkan selamat kepada Presiden Jokowi, “drama” lain cepat sekali bergulir, drama dengan tema Rekonsiliasi Nasional.

Baca juga : Tantangan Terberat Pemerintahan Jokowi Jilid Ke-2

Jokowi bertemu langsung dengan Prabowo di gerbong MRT, disusul dengan makan soto dan sate di Senayan dalam suasana santai sekali. Rujuk kembali? Rekonsiliasi? Apa arti rekonsiliasi?

Silahkan Anda cari arti kata ini di kamus atau ensiklopedia. Yang jelas, masyarakat umum nya mengartikan rekonsiliasi “bagi-bagi kursi kabinet”. Makna paling dalam dari wacana “rekonsiliasi” menurut publik tidak lain orang-orang Prabowo duduk dalam kabinet Jokowi mendatang.

Begitulah perangai politisi: yang dicari selalu POWER, kekuasaan. Itu kata Aristotles sekitar 2.600 tahun yang lalu. Bukan hanya kubu Prabowo, para politisi koalisi Jokowi-Amin tidak berbeda: mereka ramai-ramai melantunkan lagu sama.

Baca juga : Diuji, Kenegarawanan Prabowo Subianto

“Kami siap membantu Pak Jokowi kalau diminta. Kader kami banyak yang cakap-cakap. Tapi semua itu terserah Presiden Jokowi, sebab pengangkatan menteri hak prerogatif Presiden”, begitu syair lagu yang dilantunkan para pimpinan partai-partai koalisi Jokowi-Amin dewasa ini. Lagu yang dinyanyikan kubu Prabowo lebih elite.

Usai Prabowo selaku Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra menggelar pertemuan dengan pengurus inti partai, Wakil Ketua Umum Sufmi Dasco Ahmad mengemukakan kepada media bahwa Gerindra bisa membantu pemerintah terutama di bidang kemandirian pangan.

“Kita punya konsep bagaimana memperkuat pangan Indonesia” yang tempo hari dituding jelek program kerja Pemerintah Jokowi. “Konsep kemandirian pangan, ketahanan energi. Pokoknya itu jadikan satu konsep. Kalau konsep mandiri-mandiri itu kemudian diterima (oleh Jokowi-Ma’ruf), lalu kan nanti akan dihitung bidangnya berapa, orangnya berapa, kan begitu.”
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.