Dark/Light Mode

Menggapai Haji Mabrur (7)

Memahami Simbol-simbol Haji

Selasa, 6 Agustus 2019 06:49 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Hawa dikonotasikan jiwa atau nafsu, sehingga sering menjadi kata majemuk hawa-nafsu, yang Hawa sendiri secara harfiah berasal dari kata hawa berarti "kecenderungan merah pada warna hitam", karena itu nafsu tidak terpisahkan dengan badan yang gelap dan hawwa adalah warna yang didominasi oleh warna hitam.

Bandingkan dengan Adam yang secara harfiah berarti "terbubuhi warna hitam". Kata adam seakar kata dengan udma berarti coklat atau warna yang cenderung pada warna hitam.

Baca juga : Mengenang Drama Kosmik

Iblis dikonotasikan dengan wahm atau intuisi inderawi, yang memberikan kesadaran cepat namun sering mengecoh dan mengelirukan. Intuisi indrawi ini memperingatkan kita tentang kenyataan bahwa sifat-sifat kebencian, kebenaran, ketamakan, dan kebaikan mungkin ada dalam diri seorang manusia atau seekor hewan, seperti srigala harus dihindari dan anak harus disayangi.

Intuisi indrawi, menurut Kasyani, sebagaimana yang disederhanakan oleh Murata dengan mengatakan indra perantara yang ditempatkan di suatu tempat antara akal dan persepsi indra.

Baca juga : Asal Usul Ibadah Haji

Dengan demikian, kesadaran yang disuguhkan oleh Iblis adalah kesadaran dangkal, semu, dan tidak bersifat universal.

Intuisi indrawi yang tidak dituntun oleh akal berpotensi menjerumuskan manusia ke dunia kesengsaraan. Peran akal untuk membimbing intuisi indrawi penting sekali jika seseorang menghendaki keselamatan.

Baca juga : Memahami Makna Makkah dan Bakkah

Namun akal pun juga memerlukan tuntunan yang bersumber dari Yang Maha Pemberi Petunjuk (Al-Hadi). Siklus ibadah haji sesungguhnya merupakan sebuah exercise untuk menjadi manusia paripurna (insan kamil).

Wajar kalau Nabi melukiskannya dengan predikat: Bagaikan ia baru lahir dari rahim ibunya (ka yaum waladathu ummuh), yang suci dari dosa. Selamat meraih haji mabrur. Allahu A'lam.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.