Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Renungan Spiritual Bulan Rajab (6)

Memahami Cara Kerja Takdir

Selasa, 7 Februari 2023 06:27 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Banyak cara orang menghadapi takdir. Ada yang berusaha melawan takdir, dan yang lainnya berusaha bersahabat dengan takdir. Takdir terdiri atas qadha dan qadar. Qadha ialah ketentuan Tuhan yang bersifat umum, generik, dan global sejak zaman azali. Sedangkan qadar adalah bagian-bagian, mikro, dan perincian-perincian dari ketentuan tersebut.

Jika sebuah kendaraan mengalami kecelakaan, misalnya meluncur ke jurang yang dalam, maka bisa dipastikan penumpang di dalamnya mengalami korban. Namun, korban itu bermacam-macam.

Baca juga : Anak Tangga Menuju Tuhan

Mungkin ada yang meninggal, ada yang luka berat, dan ada yang luka ringan. Mobil jatuh ke jurang menimbulkan korban itu disebut qadha. Tetapi tingkat kecelakaan setiap penumpang itu, disebut qadar. Contoh lain, beberapa gelas jatuh dari atas meja maka qadha-nya pasti pecah, akan tetapi serpihan masing-masing gelas berbedabeda satu sama lain.

Pecahnya gelas-gelas yang jatuh merupakan qadha, tetapi serpihan pecahan masing-masing gelas berbeda-beda satu sama lain, itu disebut qadar.

Baca juga : Bersahabat Dengan ’Uzlah

Antara qadha dan qadar dapat dibedakan kepada dua bagian. Pertama, qadha dan qadr mubham berupa ketentuan yang telah ditetapkan Allah mengikuti blue print pada zaman azali dan tidak akan berubah lagi, seperti kehadiran manusia di bumi dan bentuk-bentuk tubuh, serta bentuknya.

Kedua, qadha dan qadr mu’allaq yakni apa-apa yang terkait dengan usaha ikhtiar manusia, seperti sebab-sebab yang membawa musibah dan kebahagiaan kepada seseorang, dan sebab-sebab yang membawa kedurhakaan dan ketaatan kepada orang.

Baca juga : Mengontrol Egoisme Spiritual

Qadha dan qadar merupakan dua kata majemuk yang tak bisa dipisahkan satu sama lain. Memisahkan satu di antara keduanya akan berakibat fatal dan runtuhnya bangunan itu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.