Dark/Light Mode

Renungan Spiritual Bulan Rajab (5)

Anak Tangga Menuju Tuhan

Senin, 6 Februari 2023 06:16 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Dr. Sa’id Hawwa dalam kitabnya “Tarbiyyah al-Ruhiyyah”, mengingatkan kita ada empat anak tangga spiritual atau anak tangga menuju Tuhan yang perlu diperhatikan.

Keempat anak tangga itu ialah: 1) Menjalankan perintah dan menjauhi larangan, 2) Mewujudkan hikmah di balik perintah dan larangan tersebut, 3) Cemerlangnya hati, dan 4) Lahirnya prrilaku positif sebagai dampak dari hati yang sudah tercerahkan.

Baca juga : Bersahabat Dengan ’Uzlah

Kita diingatkan tidak cukup hanya mengerjakan perintah dan menjauhi larangan. Perintah dan larangan itu harus dijiwai dan dihayati hikmah yang terkadung di dalamnya. Contoh tentang kewajiban mendirikan shalat lima waktu. Kita tidak boleh berhenti hanya sampai pada penegakan shalat itu dengan melengkapi rukun dan syaratnya.

Allah SWT di dalam Al-Qur’an meminta kita agar: “Dirikanlah shalat untuk mengingat Aku” (aqim alshalata li dzikri). Orang yang shalat tanpa merasakan hikmah, tidak merasakan dan menghadirkan Tuhan di dalam shalatnya, maka dengan sendirinya sulit untuk menaiki anak tangga berikutnya.

Baca juga : Mengontrol Egoisme Spiritual

Orang yang sudah merasakan dan menghayati keberadaan Tuhan di dalam shalatnya maka ia akan merasakan perasaan lebih lanjut kedalaman makna shalat itu. Hatinya akan merasakan adanya sinar Ilahi yang menerangi dan menenteramkan seluruh jiwanya, sehingga ia selalu merasa tenteran dan tenang, sperti dikatakan di dalam Al-Qur’an: Ala bi dzikrillah tathmainnul qulub (Ketahuilah dengan mengingat Allah SWT akan menenangkan jiwa” (Hati yang cemerlang akan selalu merasa tenang).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.