Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Renungan Spiritual Bulan Rajab (2)

“Kalian Mau Ke Mana?”

Jumat, 3 Februari 2023 06:32 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebuah pertanyaan menarik untuk disimak, sebuah ayat pendek dalam Al-Qur’an mengingatkan: Fa aina tadz habun? (Maka kalian mau ke mana?) (Q.S. Al-Takwir/81:26).

Ayat ini sesungguhnya mengingatkan visi dan misi kehidupan kita, untuk apa kita lahir dan hidup? Ke mana kita akan pergi? Apa tujuan hidup kita? Bekal apa yang harus disiap kan di dalam menjalani perjalani hidup ini? Berapa lama kita akan hidup? Apa tanggung jawab di balik kehidupan ini? Terlalu banyak muatan makna pertanyaan Tuhan di dalam ayat pendek tersebut di atas.

Baca juga : Makna Spiritual Bulan Rajab

Ayat tersebut menyentak kita untuk mempertanyakan dan menyadarkan kita di dalam menjalani sisasisa perjalanan hidup ini.

Di dalam kaedah tafsir Al-Qur’an dikatakan, manakala sebuah teks diawali pertanyaan maka itu berfungsi stressing point (taqyid). Apalagi jika pertanyaan itu tidak disertai jawaban maka itu berarti mengandung beberapa jawaban yang harus dijawab.

Baca juga : Pengalaman Philipina

Kehidupan yang tersisa ini seharusnya kita jalani dengan visi dan tujuan yang jelas supaya kita tidak termasuk orang yang amat merugi di kemudian hari. Alangkah ruginya kalau kehidupan kita ini sama jaja dengan kehidupan kita dengan masa lalu.

Ayat di atas seolah memberikan energi batin bagi kita untuk berubah (shifting). Bagaimana agar kualitas hidup kita hari ini lebih baik dari hari kemarin dan harihari masa depan kita lebih baik daripada hari ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.