Dark/Light Mode

Citra Positif Hawa Dalam Al-Qur’an

Rabu, 15 Februari 2023 06:14 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
4.Sama-sama memohon ampun dan sama-sama diampuni Tuhan:
“Keduanya berkata:“Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk  orang-orang yang merugi”. (Q.S. Al-A’raf/7:23).

5.Setelah di bumi, keduanya mengembangkan keturunan dan saling melengkapi dan saling membutuhkan:
Dihalalkan bagi kalian pada malam hari bulan Puasa bercampur dengan isteri-isteri kalian; mereka itu adalah pakaian bagimu, dan kalian pun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasannya kalian tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kalian dan memberi maaf kepadamu” (Q.S. Al-Baqarah/2:187).

Baca juga : SIM Keliling Jakarta 14 Februari, Cek Di Sini Lokasinya

Pernyataan-pernyataan dalam Al-Qur`an di atas, agak berbeda dengan pernyataan-pernyataan dalam Alkitab yang membebankan kesalahan lebih berat kepada Hawa. Dalam ayat-ayat tersebut di atas, Adam dan Hawa disebutkan secara bersama-sama sebagai pelaku dan bertanggung jawab terhadap drama kosmos tersebut.

Bahkan dalam ayat lain dinyatakan Adam dan Hawa sama-sama sebagai hamba Tuhan (’abid), sebagaimana dinyatakan dalam ayat: Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku (Q.S. Al-Zariyat/51:56).

Baca juga : Mengenal Sikap Muraqabah

Dalam kapasitas manusia sebagai hamba, tidak ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan. Keduanya mempunyai potensi dan peluang yang sama untuk menjadi hamba ideal.

Hamba ideal dalam Al-Qur`an biasa diistilahkan dengan orang-orang yang bertaqwa (muttaqun), dan untuk mencapai derajat muttaqun ini tidak dikenal adanya perbedaan jenis kelamin, suku bangsa atau etnik tertentu, ”Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kalian di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kalian” (Q.S. Al-Hujurat/49:13). ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.