Dark/Light Mode

Citra Positif Hawa Dalam Al-Qur`an

Minggu, 19 Februari 2023 06:27 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam kitab suci Al-Qur’an tidak pernah muncul satu ayat pun yang menyatakan Hawa sebagai penyebab dosa warisan atau menyalahkan secara tunggal Hawa dalam drama kosmos, kisah perjalanan anak manusia dari langit kebahagiaan turun ke bumi penderitaan.

Al-Qur’an juga tidak tegas menyatakan Hawa subordinasi Adam. Yang ditemukan dalam Al-Qur’an ialah Adam dan Hawa sejak awal terlibat bersama-sama, sebagaimana dinyatakan dalam ayat-ayat berikut ini:

Baca juga : Bid’ah Hasanah

1. Keduanya diciptakan di surga dan memanfaatkan fasilitas surga disebutkan dalam: “Hai Adam diamanilah kamu dan isterimu di surga ini, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik di mana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon ini, yang menyebabkan kamu termasuk orangorang yang zalim” (Q.S. Al-Baqarah/2:35).

2. Keduanya mendapat kualitas godaan yang sama dari syaitan atau iblis: “Maka syaitan membisikkan pikiran jahat kepada ked uanya untuk menampakkan kepada keduanya apa yang tertutup dari mereka yaitu auratnya dan syaitan berkata: “Tuhan kamu tidak melarangmu dari mendekati pohon ini, melainkan supaya kamu berdua tidak menjadi malaikat atau tidak menjadi orang yang kekal (dalam surga)” (Q.S. A’raf/7:20).

Baca juga : Amar Ma’ruf

3.Sama-sama memakan buah khuldi dan keduanya men erima akibat jatuh ke bumi: “maka syaitan membujuk keduanya (untuk memakan buah itu) dengan tipu daya. Tatkala keduanya telah merasai buah kayu itu, tampaklah bagi keduanya aurat-auratnya, dan mulailah keduanya menutupinya dengan daun-daun surga. Kemudian Tuhan mereka menyeru mereka: “Bukankah Aku telah melarang kamu berdua dari pohon kayu itu dan Aku katakan kepadamu: “Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagi kamu berdua? (Q.S. A lA’raf/7:22).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.