Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Renungan Spiritual Bulan Rajab (19)

Misteri Kota Suci Mekkah

Jumat, 24 Februari 2023 06:19 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Mekah disebut kota suci dan keramat (Makkah al-Mukarramah) karena memang kota ini memiliki berbagai macam kelebihan.

Di antaranya, kawasan pendaratan Adam dan Hawa setelah keduanya dijatuhkan ke bumi, kota tempat bangunan pertama di atas bumi yaitu bangunan Ka’bah, tanah haram karena tidak dibenarkan orang-orang non muslim masuk ke wilayahnya, kota yang penuh berkah, kota yang dikecualikan untuk dijamah dan diganggu Dajjal, kota kelahiran Nabi Muhammad SAW, kota pertama kali turunnya Al-Qur’an, dan kota yang menjadi starting point Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

Baca juga : Di Balik Mesjid Aqsha

Mungkin atas dasar ini maka Allah swt menyebutnya sebagai kota “… yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat”. (Q.S. Al-Isra’/17:1).

Kota suci Mekah juga penuh dengan berbagai cerita aneh dan penuh dengan misteri, karena menurut keyakinan umat Islam, dengan berdasarkan pada beberapa riwayat, kota Mekah bukan hanya dipadati umat manusia (umat Islam), tetapi juga oleh para malaikat dan bangsa jin, yang juga secara rutin beribadah thawaf mengelilingi Ka’bah, karena bangunan Ka’bah adalah miniatur Baitul Ma’mur dan Baitul Ma’mur sendiri dianggap sebagai miniatur ‘Arasy, istana Tuhan.

Baca juga : Rahasia Di Balik Laut Mati

Kota Mekah sebagai salah satu kota suci umat Islam di samping Madinah dan Palestina. Shalat di kota Mekah, terutama di halaman Ka’bah 100.000 lebih utama di banding shalat di lain tempat, dengan pengecualian kota Madinah yang lebih utama 10.000 kali dibanding shalat di luarnya. Kota Mekah juga termasuk wilayah yang tidak pernah jatuh ke tangan para pemerintah kolonial.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.