Dark/Light Mode

Menggapai Kemahiran Haji (26)

Berkah Kota Suci Mekkah

Jumat, 30 Agustus 2019 09:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Kota Makkah sebuah kota suci yang diabadikan dalam Al-Qur’an sebagai kota yang penuh berkah. Dalam artikel terdahulu juga disebutkan batas wilayah Makkah yang berkah.

Sekarang apa itu berkah kota Makkah? Berkah berasal dari Bahasa Arab dari akar kata Barakayabruku berarti berdiam dengan tenang.

Berkah dalam pengertian popular berarti keberuntungan (blessing), karunia (benediction), kemakmuran (prosperity), dan kebahagiaan (felicity).

Baca juga : Mengenang Maqam Rasulullah SAW

Keistimewaan dan kekhususan apa yang Allah berikan kepada kota Makkah sehingga disebut sebagai kota berkah (Makkah mubarah)?

Makkah itu sendiri berasal dari Bahasa Arab dari akar kata: Makka yamukku makkan, berarti menghisap, menyedot. Kata makkah searti dengan mashsha yamushshu mashshan berarti mengisap atau menyedot, seperti dalam kata: Imtashsha jamima fihi wa syaribah kullih (mengisap dan menyedot semua apa ada yang di dalam).

Tukang bekam (pengobatan dengan menyedot darah kotor) disebut Al Mashshash atau Al-Hajjam. Para hujjaj disebut mushashah karena tersedot di dalam pusat gravitasi spiritual, Ka’bah atau Baitullah.

Baca juga : Mengabadikan Kemabruran Haji (4)

Setelah disedot segala dosa dan menjadi dekat-sedekat-dekatnya kepa-da Allah SWT, maka manusia merasa plong, bebas. Inilah salah satu sebab mengapa Ka’bah disebut dengan Bait Al-‘Atiq (rumah pembebasan), karena bisa membebaskan seseorang dari kungkungan dosa dan kesalahan yang mengurungnya.

Ibn Mandhur juga mengartikan Makkah sama dengan tahdzib, dari akar kata hazdaba yahzdibu hadz ban tahdiban, berarti membersihkan, membetulkan, dan mendidik.

Pengertian ini bisa dihubungkan dengan beberapa ayat dan hadis bahwa orang-orang yang datang dengan niat tulus karena Allah, baik niatnya untuk haji atau umrah, niscaya akan dibersihkan dan disucikan jiwa, pikiran, dan segenap suasana batinnya sehingga mereka dilukiskan bagaikan bayi baru lahir dari Rahim ibunya (Ka yaum waladathu ummuh) yang bersih dari dosa.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :