Dark/Light Mode

Menggapai Kemahiran Haji (26)

Berkah Kota Suci Mekkah

Jumat, 30 Agustus 2019 09:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Kata makka juga berati tempat yang kering dan kurang air (Qilah Alma’). Dahulu kota Makkah dihubung-kan dengan kata makka karena kawasan ini tidak lebih dari hanya gurun tandus dan hanya terdiri atas perbukitan kering kerontang.

Di dalam Al-Qur’an keberkahan kota Makkah dihubungkan dengan kota kelahiran Nabi Ismail yang membuat sejarah monumental dengan kemunculan sumur Zamzam melalui hentakan kedua tumitnya, sebagaimana bisa difahami dalam penafsiran QSĺ Ali Imran/3: 95-97.

Baca juga : Mengenang Maqam Rasulullah SAW

Kota kelahiran Nabi Muhammad SAW yang merubah gurun pasir yang tidak memiliki daya tarik menjadi kota dunia, dan yang terpenting kota starting point Isra’ Mi’raj anak manusia menuju ke langit sebagaimana digambarkan dalam ayat: "Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hambaNya pada suatu malam dari Al Masjidil-haram ke Al-Masjidil Aqksa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami.

Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat." (Q.S. Al-Isra'/17:1). Berkah lainnya intensitas amal yang di-lakukan di kota ini berlipat ganda, seperti shalat pahalanya 100.000 kali perbandingannya dibanding dengan ibadah yang sama dilakukan di tempat lain.

Baca juga : Mengabadikan Kemabruran Haji (4)

Dalam hadis disebutkan kota Makkah adalah kota bebas Dajjal, yaitu sosok makhluk mengerikan akan mem-bunuh secara keji manusia di akhir zaman.

Secara potensial dan secara aktual kota Makkah bagian dari Saudi Arabiah penghasil minyak bumi terbesar di dunia. Diperkirakan sekitar 2 abad akan datang cadangan minyak Saudi Arabiah tidak akan kering.

Baca juga : Mengabadikan Kemabruran Haji (3)

Kalau cadangan minyaknya habis dan orang beralih ke energi matahari (solar system) maka Saudi Arabiah tetap menjadi penghasil tenaga surya paling baik di dunia, karena tidak terganggu dengan musim yang berganti ganti. Allahu a’lam.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :