Dark/Light Mode

Hakikat Silaturahmi (6)

Ukhuwah Islamiyah

Jumat, 5 Mei 2023 05:59 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Istilah ukhuwah Islamiyah paling sering kita dengar dari para mubaligh muslim.

Tujuannya ialah untuk mengingatkan pentingnya merajut keakraban antara sesama umat Islam tanpa membedakan mazhab dan aliran masing-masing.

Kita bisa lebaran ganda, tetapi tetap kita bersaudara satu sama lain sebagai sesama umat Islam.

Baca juga : Ukhuwah Imaniyah

Ukhuwah Islamiyah adalah persaudaraan keislaman, yakni persaudaraan orang-orang yang sama-sama tinduk di bawah garis kebijakan Al-Qur’an dan Hadis.

Dasar persaudaraan ini bisa ditemukan dalam banyak ayat dan hadis.

Antara lain yang sangat populer: “Dan berpegang teguhlah kamu sekalian dengan tali Allah dan janganlah kamu sekalian berpecah belah, dan ingatlah nikmat Allah atas kamu semua ketika kamu bermusuh-musuhan maka Dia (Allah) menjinakkan antara hati-hati kamu maka kamu menjadi bersaudara.” (Q.S. Ali Imran/3:103).

Baca juga : Ukhuwah Wathaniyah

Dalam hadis shahih juga ditegaskan: “Sesungguhnya perumpamaan seorang mukmin dengan mukmin lainnya laksana bangunan kokoh, yang saling menguatkan satu dengan lainnya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dasar untuk mencapai ukhuwah Islamiyah sejati tentu rasa cinta satu sama lain secara tulus, sebagaimana ditekankan Nabi dalam hadis shahih:

“Kalian tidak masuk surga hingga kalian beriman dan belum sempurna keimanan kalian hingga kalian saling mencintai...” (HR. Muslim).

Baca juga : Ukhuwah Basyariyah

Ukhuwah Islamiyah seringkali juga dijadikan rujukan ayat Al-Qur’an: “Sesungguhnya orang-orang Mukmin adalah bersaudara. Karena itu, damaikanlah kedua saudara kalian, dan bertakwalah kalian kepada Allah supaya kalian mendapatkan rahmat.” (QS al-Hujurat/49:10).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.