Dark/Light Mode

Hakikat Silaturahmi (3)

Ukhuwah Basyariyah

Selasa, 2 Mei 2023 05:59 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Salah satu inti dan hakikat silaturahmi ialah menjalin ukhuwah basyariyah. Ukhuwah berasal dari kata akhun (saudara), kemudian menjadi istilah ukhuwah berarti persaudaraan.

Sedangkan basyariyah berasal dari kata basyar, berarti manusia sebagai makhluk biologis.

Ukhuwah basyariyah menjadi istilah untuk mempersatukan dan mempersaudarakan sesama umat manusia tanpa membedakan jenis kelamin, etnik, agama, kepercayaan, dan kewarganegaraan.

Baca juga : Halal Bihalal

Konsep ukhuwah basyariyah ini sejalan dengan doktrin Al-Qur’an menegaskan: Walaqad karramna bani Adam (Dan sesungguhnya telah kami muliakan anak cucu Adam/Q.S. al-Isra’/17:70).

Allah SWT tidak mengatakan: Walaqad karramna al-muslimun (Dan sesungguhnya telah kami muliakan orang-orang Islam).

Ini mengisyaratkan bahwa siapapun merasa anak cucu Adam tanpa membedakan jenis kelamin, agama, etnik, warna kulita, dan kewarganegaraan, wajib hukumnya dihormati, apapun jenis kelamin, etnik, dan agamanya.

Baca juga : Makna Esoterik Silaturrahim

Al-Qur’an menegaskan perlunya memberikan hak-hak sosial kepada segenap warga tanpa terkecuali.

Seperti di dalam firman-Nya: Allah tiada melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil. Sesungguhnya Allah hanya melarang kamu menjadikan sebagai kawanmu orang-orang yang memerangi kamu karena agama dan mengusir kamu dari negerimu dan membantu (orang lain) untuk mengusirmu. Dan barang siapa menjadikan mereka sebagai kawan, maka mereka itulah orang-orang yang lalim. (Q.S. al-Mumtahinah/60: 8-9).

Allah SWT memberikan peringatan dan ancaman kepada siapapun yang melecehkan hak-hak asasi dan hak sosial setiap orang.

Baca juga : Allah, Rab, Ilah, dan Asma’ al-Husna (2)

Orang-orang yang melakukannya dicap sebagai seorang yang dhalim (al-dhalimun).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.