Dark/Light Mode

Makna Spiritual Silaturahmi

Selasa, 16 Mei 2023 06:30 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk memahami kedalaman makna silaturahmi (shilah al-rahim), kita perlu memahami arti semantik kata shilah dan rahim.

Kata shilah dalam bahasa Arab: washala-yashilu-washlan, wushulan, shilah, yang secara harfiah berarti sampai ke..., menyambung, menggabungkan, dan berkelanjutan.

Dari akar kata tersebut terbentuk sejumlah derivasi dan maknanya masing-masing.

Baca juga : Memelihara Akhlak Berpolemik

Apalagi jika duhubungkan dengan derivasi, maknanya yang lebih besar (isytiqaq al-kabir), huruf wa-sha-la yang kemudian membentuk sejumlah kata.

Seperti, Washala (sampai, menyambung), washshala (menyampaikan), washil (tetap berfungsi), ittashala (berkelanjutan), shilah (perhubungan), washlun (tanda terima, resi), dan wushl (pertalian, perhubungan).

Lalu, washilah (keakraban, perkumpulan), wushul (suka atau banyak memberi), washil (menyambung), aushal (persediaan), maushil (tempat pengembangan), muwashil (perhubungan), dan shalat (shalat).

Baca juga : Konfigurasi Identitas Itu Indah

Cakupan dari berbagai makna derivasi ini menjadi spirit atau roh silaturahmi.

Sedangkan kata rahim berasal dari akar kata rahima-yarham-marhamah, yang secara harfiah berarti menaruh kasih, mencintai, menyayangi dengan sangat dalam.

Dari akar kata ini muncul derivasi kata lain misalnya: Rahmah (rahmat), al-Rahim (Maha Penyayang), dan al-Rahman (Maha Pengasih).

Baca juga : Bersilaturahmi Dengan Pepohonan

Dari akar kata yang sama juga lahir kata rahim, yaitu organ reproduksi, baik yang berada di dalam perut perempuan (rahim mikrokosmos) maupun organ reproduksi alam raya (rahim makrokosmos), seperti perut bumi yang juga lazim disebut ibu pertiwi.

Secara populer, silaturahmi sering diartikan menyambung tali cinta-kasih. Silaturahmi sering diidentikkan dengan kata halal bihalal, mempunyai makna lebih dari sekadar bersalam-salaman antara satu dengan yang lain.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.