Dark/Light Mode

Hakikat Silaturahmi (7)

Bersilaturahmi Dengan Orang Yang Sudah Wafat

Sabtu, 6 Mei 2023 06:04 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam ajaran Islam, kematian bukan penghalang untuk menjalin hubungan silaturahmi.

Kematian bukan akhir dari segalanya. Sebaliknya, kematian bisa menjadi awal dari sebuah proses yang lebih panjang.

Terlalu banyak ayat dan hadis mengisyaratkan hal ini. Antara lain, perintah Allah SWT kepada kita semua untuk berselawat kepada Rasulullah SAW, sebagaimana disebutkan dalam ayat: “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (Q.S. al-Ahdzab/33:56).

Baca juga : Ukhuwah Islamiyah

Perhatikan ayat ini menggunakan bentuk fi’il mudhari’ (tenses present dan future), yang biasanya digunakan untuk perbuatan sekarang dan akan datang.

Ini mengisyaratkan meskipun Rasulullah sudah wafat 14 abad silam tetapi kita sekarang dan generasi yang akan datang tetap diminta untuk bersalawat atau bersilaturahmi kepadanya. Orang-orang yang rajin dan dengan tulus bersilaturahmi dengan Rasulullah maka ia pun akan menjumpai mereka dalam bentuk mimpi.

Banyak hadis shahih yang meriwayatkan keutamaan mimpi berjumpa Rasulullah SAW.

Baca juga : Ukhuwah Imaniyah

Di antara hadis itu ialah: “Barang siapa melihatku dalam mimpi, maka dia benar-benar telah melihatku. Sesungguhnya setan tidak dapat menjelma sepertiku. (H.R. Muslim dari Abi Hurairah).

Dalam redaksi lain, Rasulullah bersabda: “Barang siapa yang melihat aku dalam mimpi, maka dia benar-benar melihat sesuatu yang benar. (H.R. Muslim dari Abu Qatadah).

Dalam riwayat lain disebutkan, 'barangsiapa yang sering berselawat terhadapku, aku tahu dan aku tentu memberikan syafaat di hari kiamat".

Baca juga : Ukhuwah Wathaniyah

Dalam redaksi lain dikatakan, "barangsiapa memimpikan aku maka aku akan bersamanya di syurga kelak".

Perjumpaan Rasulullah SAW dalam mimpi tentu merupakan dambaan setiap umatnya.

Sejumlah ulama khawas menasehatkan jika ingin bermimpi berjumpa dengan Rasulullah maka berdoalah kepada Allah SWT, wujudkan rasa cinta yang sangat mendalam, dan banyaklah bershalawat terhadapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.