Dark/Light Mode

Hakikat Silaturahmi (12)

Bersilaturahmi Dengan Binatang

Kamis, 11 Mei 2023 05:50 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Salah satu tradisi yang diperkenalkan ajaran Islam adalah bersilaturahmi dengan binatang (fauna).

Banyak ayat dan hadis memperkenalkan konsep ini. Di antaranya ialah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Sa’id al-Khudri r.a.

Hadis itu menceritakan, ketika Nabi sedang bepergian, beliau melewati seekor kijang betina yang ditambatkan pada sebuah tiang tenda. Kijang itu memangil-manggil Nabi:

Baca juga : Bersilaturahmi Dengan Burung

”Wahai Rasulullah, tolong lepaskan ikatan saya sebentar, saya mau menyusui anak-anak saya di sana yang sedang kelaparan. Saya baru melahirkan beberapa ekor anak tetapi tiba-tiba aku ditangkap oleh penghuni kemah ini. Saya berjanji akan segera kembali ke sini dalam waktu tidak lama dan engkau bisa mengikatkan saya kembali di tempat ini”.

Nabi menjawab: ”Kamu hasil buruan mereka dan itu berarti engkau milik mereka, saya tidak berhak melepaskanmu”.

Setelah kijang itu berjanji dan meyakinkan Nabi untuk menepati janjinya maka Nabi melepaskan ikatannya lalu lari sekencang-kencangnya ke sebuah arah.

Baca juga : Bersilaturahmi Dengan Air

Tidak lama kemudian kijang itu kembali dengan kedua susunya terlihat sudah kempis.

Kijang itu berkata: "Terima kasih wahai Rasulullah, anak-anak saya sudah kenyang dan sudah bisa bertahan hidup. Nabi dengan perasaan terharu kembali menambatkan tali kijang itu ke tempat semula".

Ketika Nabi baru saja menambatkan kijang itu tiba-tiba pemilik kemah datang dan mengatakan:

Baca juga : Bersilaturahmi Dengan Alam Makrokosmos

"Ada apa gerangan Rasulullah mengunjungi kemah saya dan memegang kijang itu. Jika engkau mau dengan senang hati saya serahkan. Di sini masih banyak kijang lain yang dapat ditangkap".
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.