Dark/Light Mode

Merawat Kemabruran Puasa (8)

Membiasakan Istiqamah

Minggu, 12 Mei 2024 05:55 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Agama sama pentingnya dengan jiwa manusia. Karena itu wajib huk­umnya bagi setiap orang untuk meng­hargai dan melindungi agama dan kepercayaan setiap orang. Meskipun agama dan kepercayaan kita ber­beda tetap kita dituntut menghormati agama dan kepercayaan orang lain. Barangsiapa yang menghina ajaran agama orang lain diancam dengan acaman pidana sesuai dengan tingkat keterlibatan yang bersangkutan di dalam kasus kriminal tersebut.

Karena itu, Islam sebagai sebuah ajaran tidak boleh dipaksakan kepada orang lain, sebagaimana dijelaskan di dalam firman-Nya: Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam). (Q.S. al-Baqarah/2:256). Al-Quran juga dengan tegas mengingatkan kepada kita bahwa urusan kesadaran be­ragama (Islam) adalah urusan Tuhan, sebagaimana disebutkan dalam ayat: Sesungguhnya kamu tidak akan dapat memberi petunjuk kepada orang yang kamu kasihi, tetapi Allah memberi petunjuk kepada orang yang dikehen­daki-Nya, (Q.S. Al-Qashash/28:56).

Baca juga : Lebih Banyak Diam

Mempertahankan kehormatan keluarga juga amat penting. Karena itu zina di larang keras dalam Islam, sebagaimana ditegaskan dalam ayat: Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk. (Q.S. Al-Isra’/17:32).

Demikian pula memelihara akal pikiran amat penting kedudukannya di dalam Islamm, karena itu segala sesuatu yang bisa merusak pikiran di larang dalam Islam, seperi meng­konsumsi produk-produk tidak halal, khususnya minuman atau makanan yang memabukkan seperti minuman beralkohol tinggi. Islam juga mem­perjuangkan hak-hak prifasi masyara­kat, seperti rumah, kendaraan, dan perhiasan berharga lainnya. Kedua larangan terakhir banyak sekali dalil­nya di dalam Al-Qur’an dan hadis.

Baca juga : Menjauhi Ujaran Kebencian (Hate Speech)

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 5, edisi Minggu, 12 Mei 2024 dengan judul "Merawat Kemabruran Puasa (8), Membiasakan Istiqamah"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.