Dark/Light Mode

Teosofi Haji Dan Umrah (6)

Memori Adam di Surga

Senin, 20 Mei 2024 05:30 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketika Adam diciptakan seorang diri di surga, ia gelisah seperti tidak bergairah. Dari situlah ia diberi nama oleh malaikat dengan Adam, dalam bahasa Hebrew berarti Alif (sendirian) dan damon (kesepian), jadi Adam berarti ”sendirian kesepian”.

Pertanyaan malaikat itu dipicu dengan sikap Nabi yang selalu menyendiri dan termenung, seolah-olah ada masalah di dalam surga. Ketika ditanya kenapa bersedih di surga. Dijawab Nabi bukan bersedih karena faktor luar tetapi lebih terkesan karena ia seolah-olah mencari sesuatu tetapi tidak tahu seperti apa wujudnya. Ia seperti menginginkan sesuatu tetapi tidak tahu seperti apa yang diinginkannya itu.

Baca juga : Haji Sebagai Drama Kosmos

Setelah itu Adam diminta tidur kemudian terjadilah proses cloning, tulang rusuk paling bawah lalu diciptakan pasangan kemudian terciptalah Hawa melalui proses khusus. Setelah itu Adam penuh rasa kegembiraan karena apa yang selama ini menjadi beban pikiran dan perasaannya sudah terjawab.

Selama di surga, keduanya diminta untuk tidak mendekati buah khuldi. Di sinilah Iblis mulai berperan, membujuk keduanya untuk memakan buah khuldi (secara bahasa berarti "kekal") jika ingin kekal di dalam syurga. Akhirnya keduanya tergoda oleh bujuk rayu Iblis. Akibatnya, Adam dan Hawa dijatuhkan dari syurga kenikmatan ke bumi penderitaan. Keduanya berjumpa di bukit ’Arafah (perjumpaan), yang sekarang menjadi arena haji.

Baca juga : Iblis Dan Malaikat Penguji Iman

Permintaan pertama yang mereka minta ialah rumah pertobatan sebagaimana halnya di Baitul Makmur. Allah SWT kemudian memerintahkan malaikat mebangunkan ka’bah di Mekkah tepat garis lurus di bawah Baitul Makmur (Q.S. Ali Imran/3:96). Di halaman ka’bah inilah Adam dan Hawa melaksanakan pertobatan dengan cara menirukan para malaikat di ’Arasy.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.