Dark/Light Mode

Teosofi Haji Dan Umrah (22)

Misteri Maqam Ibrahim

Minggu, 9 Juni 2024 05:57 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Maqam Ibrahim bukanlah kuburan Nabi Ibrahim. Maqamnya ada di Hebron, negeri Palestina yang dikuasai Israel sekarang. Maqam Ibrahim adalah tempat pijakan kaki Nabi Ibrahim ketika merehab atau membangun Ka’bah.

Konon, ketika meninggikan dinding Ka’bah untuk mencapai ketinggian tertentu, Putranya, Nabi Ismail, mengambilkan sebongkah batu sebagai tempat pijakan, tetapi keajaiban terjadi karena batu tempat pijakan kedua telapak kaki itu berlubang, menyerupai pahatan, dengan panjang 22x11 sentimeter. Ukuran telapak kaki seperti ini lebih kurang sama dengan ukuran kaki normal manusia modern saat ini.

Baca juga : Misteri Di Balik Hijir Ismail?

Konon juga bertambah tinggi bangunan dinding Ka’bah bertambah tinggi pula batu tempat pijakan itu. Kini “prasasti” itu dapat disaksikan di dalam kotak kaca yang berdiri di depan pintu Ka’bah.

Bangunan Maqam Ibrahim sekarang sangat kokoh. Ditabrak dan ditarik oleh orang banyak pun tidak akan rebah atau rusak. Bangunannya juga diamankan dengan jeruji besi dan kaca tebal yang kokoh. Maqam Ibrahim berdekatan dengan Multazam sehingga sering juga digunakan shalat dan berdoa para jamaah haji dan umrah di arah tempat ini.

Baca juga : Misteri Di Balik Kata Makkah dan Bakkah (2)

Dalam sejarah, Maqam Ibrahim sering dijadikan incaran para pemimpin qabilah dan pemegang kekuasaan, seperti halnya Batu Hitam (Hajar Aswad) yang menempel di Ka’bah pernah dicongkel oleh sekelompok orang dari Dinasti Qaramithah.

Namun tiga tahun kemudian dikembalikan ke tempat aslinya, meskipun sudah mengalami pecah belah. Ada juga ide untuk menjauhkan Maqam Ibrahim dengan Ka’bah untuk menghilangkan kemungkinan orang menyembah atau mengkultuskan Maqam Ibrahim.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.