Dark/Light Mode

Teosofi Haji Dan Umrah (20)

Misteri Di Balik Kata Makkah dan Bakkah (2)

Jumat, 7 Juni 2024 06:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - IBN Mandhur dalam Kamusnya yang terkenal dengan judul “Lisan al-‘Arab” mengartikan kata makka sama dengan tahdzib, dari akar kata hazdaba-yahzdibu-hadzban-tahdiban, berarti membersihkan, membetulkan, dan mendidik. Pengertian ini bisa dihubungkan dengan beberapa ayat dan hadis bahwa orang-orang yang datang dengan niat tulus karena Allah SWT, baik niatnya untuk haji atau umrah, niscaya akan dibersihkan dan disucikan jiwa, pikiran, dan segenap suasana batinnya sehingga mereka dilukiskan bagaikan bayi baru lahir dari Rahim ibunya (ka yaum waladathu ummuh) yang bersih dari dosa.

Baca juga : Misteri di Balik Kata Makkah dan Bakkah (1)

Kata makka juga berati tempat yang kering dan kurang air (qillah al-ma’). Dahulu kota Makkah dihubungkan dengan kata makka karena kawasan ini tidak lebih dari hanya gurun tandus dan hanya terdiri atas perbukitan kering. Belakangan setelah muncul sumur Zamzam melalui peristiwa ajaib, kota ini berubah menjadi daerah penting karena oase Zamzam tidak pernah kering, bahkan debet airnya tak terbatas, mengantarkan suku Quraisy sebagai pemimpin seluruh qabilah di kawasan Arab.

Baca juga : Rahasia Di Balik Hajar Aswad

Kata Quraisy itu sendiri berarti ‘ikan hiu putih’, berati si raja laut, sebuah benda provan (totem) yang menjadi lambang suku Quraisy. Para bangsawan Arab Quraisy sering menggunakan kalung lambang ikan hiu putih, sebagai isyarat kesuburan dan kejayaan. Bandingkan dengan kabilah-kabilah lain yang hanya memiliki oasa kecil yang debet airnya sangat terbatas. Pertarungan memperebutkan air dalam oase (wadi) inilah yang sering menimbulkan perang antar qabilah.

Baca juga : Asal-usul Hajar Aswad

Dalam masyarakat Qabilah, menurut Reuben Levy, dalamThe Social Structure of Islam, posisi perempuan sangat tersudut karena dianggap tidak bisa mempertahankan oase sebagai simbol kehormatan qabilah. Ini juga penyebab mengapa anak perempuan tidak begitu disukai bahkan sering terjadi pembunuhan bayi perempuan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.