Dark/Light Mode

Menggapai Kesejukan Beragama (51)

Antara Hijrah dan Jihad (3)

Kamis, 28 November 2019 06:47 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam ayat lain dengan tegas Allah SWT menyatakan ilmu pengetahuan bisa meningkatkan derajat (utu al-’lma darajat). Rasulullah SAW bahkan menyerukan umatnya untuk menuntut ilmu dari ayunan sampai liang lahat, kalau perlu menuntut ilmu sampai ke tanah China.

Kedudukan ilmu belum dianggap sempurna manakala belum dilengkapi dengan kekuatan mujahadah. Ilmu tanpa mujahadah sama dengan iqra’ tanpa bi ism Rabbik.

Baca juga : Antara Hijrah dan Jihad (2)

Keutuhan ilmu ialah dilengkapinya dengan pengetahuan ma’rifah dan amalan (riyadhah). Dengan demikian, kombinasi antara perjuangan fisik (jihad), perjuangan nalar (ijtihad), dan perjuangan batin (mujahadah) itulah puncak dan sekaligus merupakan jihad utama, sebagaimana diserukan dalam Al-Qur’an dan Hadis.

Keutamaan mujahadah ditegaskan di dalam Al-Qur’an: ”Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan Kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang ber buat baik. (Q.S. Al-Baqarah/2:218).

Baca juga : Antara Hijrah dan Jihad (1)

Ayat ini cukup jelas menekankan bahwa per-juangan batin untuk meraih Ridha Allah SWT dijanjikan keutamaan oleh Allah SWT. Sejalan ayat di atas, Rasulullah SAW juga mencontohkan kepada para sahabatnya kalau dirinya jarang tidur malam yang panjang seperti orang kebanyakan.

Hal yang sama juga ditiru oleh para sahabatnya, termasuk Umar ibn Khaththab. Ia pernah ditanya kenapa jarang tidur? Umar menjawab, kapan saya mendekati dan mengobati kerinduanku kepada Tuhan kalau bukan di malam hari, karena siang hari saya menghabiskan waktu saya untuk mengurus umat. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.