Dark/Light Mode

Membaca Trend Globalisasi (41) Karakter Khusus Nilai Universal Islam:

Menyikapi Perbedaan

Sabtu, 19 Januari 2019 08:13 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Perbedaan dalam pandangan Islam adalah hukum alam (sunnatullah). Perbedaan adalah karunia yang harus disyukuri, bukan laknat yang harus diratapi. Indonesia ditakdirkan menjadi negara majemuk dan plural.

Kenyataan ini tentu saja bisa menjadi karunia dan asset bangsa yang harus disyukuri. Jika sebauh karunia tidak disyukuri bisa berubah menjadi sumber ancaman, terutama jika para warganya tunduk di bawah kepentingan subyektifitas dan golongan.

Baca juga : Islam Dan Keberadaan Agama Lokal

Keberadaan multi etnik dan multi agama di Indonesia sejauh ini masih tampak sebagai kekayaan positif. Tugas generasi bangsa ini berikutnya bagaimana menjadikan kemajemukan etnik dan agama sebaga sebuah kekayaan bangsa.

Dalam Islam sendiri sudah ditegaskan bahwa keberadaan multi etnik dan agama tidak mesti difahami sebagai sebuah ancaman. Sebaliknya Islam menganggapnya sebagai sebuah kekayaan yang bisa mendatangkan berbagai berkah.

Baca juga : Trend Jilbab (6): Jilbab Sebagai Multi Dunia

Al-Qur’an pernah menegaskan bahwa: Dan jikalau Tuhanmu menghendaki, tentulah beriman semua orang yang di muka bumi seluruhnya. Maka apakah kalian (hendak) memaksa manusia supaya mereka menjadi orang-orang yang beriman semuanya? (Q.S. Yunus/10:99).

Perhatikan ayat ini menggunakan kata lau (wa lau sya’ Rabbuka), yang dalam kebiasaan Al-Qur’an jika digunakan kata lau, bukannya in atau idza yang memiliki arti yang sama, yaitu “jika”. Kekhususan penggunaan lau adalah isyarat sebuah pengandaian yang tidak akan pernah mungkin terjadi atau terwujud.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :