Dark/Light Mode

Etika Politik dalam Al-Qur’an (8)

Belajar Etika Politik Dari Ratu Balqis (1)

Jumat, 1 Februari 2019 06:06 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Cenderamata yang disiapkan beralih dengan misterius ke tangan Nabi Sulaiman tanpa seorangpun tahu bagaimana benda itu tiba lebih awal berkat kelihaian jin.

Tentara yang tangguh Ratu Balqis menjadi tidak berdaya ketika mereka dijemput dengan barisan binatang buas di samping bala tentara Nabi Sulaiman.

Baca juga : Etika Suksesi (4)

Meskipun demikian, Ratu Balqis tidak mau kehilangan akal. Meskipun kalah dari berbagai segi tetapi bagaimana mereka tidak merasa kalah dan merasa dipermalukan. Diplomasi dalam kondisi darurat dan berfikir jernih di saat-saat genting, membuat Ratu Balqis diterima dan diperlakukan dengan baik oleh Nabi Sulaiman.

Keanggunan yang ditampilkan Ratu Balqis membuat Nabi Sulaiman terkesima dan malah diperlakukan sebagai tamu agung dan kemudian dalam satu versi cerita Nabi Sulaiman memperisterikannya.

Baca juga : Etika Suksesi (3)

Meskipun seorang Nabi, Sulaiman juga mengajak para pembesarnya untuk bermusyawarah dalam menghadapi kemungkinan sikap yang akan ditempuh oleh kekuatan Balqis. Karena masing-masing menjunjung tinggi nilai-nilai musyawarah dan demokratis, maka akhirnya kedua kubu ini bertemu dan bersatu.

Kedua tokoh itu sama-sama memasuki istana (27:44). Bahkan keduanya melangsungkan ‘perkawinan’ dan melahirkan generasi baru yang tangguh.

Baca juga : Etika Suksesi (2)

Keuntungan yang diperoleh dari pertemuan kedua tokoh tersebut antara lain, rakyat menjadi senang dan tenang, bersatunya dua kekuatan, terhindarnya dari malapetaka peperangan dan terwujudnya kestabilan dan kesejahteraan di dalam masyarakat.

Kisah ini juga memberikan pelajaran kepada kita bahwa, kalau sinerji membawa keuntungan dan kemenangan, mengapa harus pecah. Apa yang dilakukan Ratu Balqis dapat juga diterapkan di dalam masyarakat modern, seperti di Indonesia

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :