Dark/Light Mode

Etika Politik Dalam Al-Quran (1)

Etika Politik Qur’ani: Sebuah Pengantar

Jumat, 25 Januari 2019 08:12 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Di dalam masyarakat, termasuk materi-materi kuliah di Perguruan Tinggi, selalu diterangkan al-Qur’an menjelaskan seluruh aspek kehidupan. Al-Qur’an selalu digambarkan sebagai kitab yang komplit lagi sempurna.

Seolah-olah tidak ada suatu hal pun yang tidak dijelaskan di dalamnya, termasuk penjelasan tentang sistem politik, sistem ekonomi, sistem keuangan, sistem kemasyarakatan, soal-soal pertanian, perindustrian, dan sebagainya, yang harus dipakai dan dilaksanakan umat Islam dalam menjalankan kehidupannya.

Baca juga : Strategi Globalisasi Ummat

Di dalamnya terdapat ayat-ayat yang membahas ilmu pengetahuan, baik dalam arti knowledge maupun dalam arti science bukan sekadar ilmu atau pengetahuan saja, tetapi ilmu pengetahuan dalam arti science.

Kalangan muballig dan nara sumber sering mengutip sejumlah ayat yang mendukung asumsi dan semangat mereka dengan mengutip sejumlah ayat, antara lain:

Baca juga : Membantu Pembangunan Rumah Ibadah Agama Lain

Hari ini Aku sempurnakan bagimu agamamu, Aku lengkapkan nikmatKu kepadamu dan Aku ridha menjadikan Islam sebagai agamamu (Q.S. al-Maidah/5:3), Tidak Kami lupakan suatu apapun dalam Kitab itu (Q.S. al-An’am/6:38), dan Dan Kami turunkan Kitab itu kepadamu untuk menjelaskan segala-galanya (Q.S. al-Nahl/16:89).

Jika dikaji secara mendalam ayat-ayat tersebut di atas dan ayat-ayat lain yang mirip redaksinya dengan ayat di atas, maka sesungguhnya tidak bisa digunakan untuk menyimpulkan bahwa Al-Qur’an berbicara secara mendetail seluruh aspek kehidupan umat manusia, termasuk etika dan sistem politik, serta pranata sosial lainnya.

Baca juga : Sebagai Agama Kemanusiaan

Jumlah ayat dalam Al-Qur’an hanya kurang leih 6.236 ayat sangat tidak mamadai untuk menjelaskan keseluruhan sistem kehidupan yang harus dijalani umat manusia di muka bumi ini.

Menurut penelitian Syekh Abd al-Wahhab dalam kitabnya ‘Ilm Ushul al-Fiqh, keseluruhan jumlah ayat Al-Qur’an berjumlah 6.236 ayat. Jumlah ayat yang turun di Mekkah (Makkiyyah) 4.780 ayat (76,65%). Selebihnya hanya 1.456 ayat (23.35%) ayat-ayat yang turun di Madinah (Madaniyyah).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.