Dark/Light Mode

Etika Politik Dalam Al-Qur’an (18)

Mengenal Kelompok Ahluz Dzimmah

Kamis, 14 Februari 2019 09:24 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Kata ahl al-Dzimmah tidak ditemukan secara eksplisit di dalam Al-Qur’an, tetapi kenyataan ini diakomodir di dalam spirit beberapa ayat dan hadist. Ahl Dzimmah (Baca: Ahluz Zimmah/ AZ) dalam Fikih Siyasah diartikan sebagai kelompok masyarakat non-muslim yang hidup di negeri muslim.

Mereka hidup dengan menyerahkan diri dan keluarganya kepada otoritas pemerintahan muslim dengan memberikan pajak (jizyah) jaminan keamanan.

Baca juga : Menciptakan Rasa Aman

Konsekwensinya mereka diberi jaminan kehidupan yang aman dan berbagai kebebasan hidup sebagaimana saudara-saudara sebangsanya yang berbeda agama.

Ahluz Zimmah yang sudah menunaikan kewajibannya dijamin untuk diberi perlindungan dan rasa aman sebagaimana ditegaskan dalam ayat: Allah tiada melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu.

Baca juga : Menegakkan Keadilan

Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil. Sesungguhnya Allah hanya melarang kamu menjadikan sebagai kawanmu orang-orang yang memerangi kamu karena agama dan mengusir kamu dari negerimu dan membantu (orang lain) untuk mengusirmu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.