Dark/Light Mode

Etika Politik Dalam Al-Qur’an (17)

Menciptakan Rasa Aman

Rabu, 13 Februari 2019 05:47 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Menciptakan rasa aman kepada seluruh warga masyarakat tanpa membedakan kelompok agama, aliran, mazhab, etnik, dan kewarganegaraan salah satu misi pokok yang disampaikan Al-Qur’an.

Al-Qur’an banyak memberikan contoh pemberian salam kepada berbagai kelompok. Itu artinya menghembuskan energi positif kepada semua orang sama dengan melahirkan rasa aman kepada kelompok masyarakat tersebut.

Baca juga : Menegakkan Keadilan

Di antara ayat itu ialah: Wahai orang-orang yang telah beriman, janganlah memasuki rumah-rumah selain dari rumah kamu, sehingga kamu meminta izin dahulu dan memberi salam kepada penghuninya; itu lebih baik bagi kamu, mudah-mudahan kamu mengingat/Quran: al-Hujurat/24:27).

Sebaliknya Al-Qur’an banyak melarang untuk menghembuskan energi negatif di dalam masyarakat, sebagaimana bisa dilihat dalam Q.S. Al-Hujurat 43, hampir semua isinya menyerukan orang untuk menegakkan rasa aman dan mencegah lahirnya phoby di dalam masyarakat.

Baca juga : Tidak Boleh Menghina Dan Menelantarkan Non Muslim

Dalam hadist Nabi juga pernah ditegaskan: “Maukah kamu aku tunjukkan kepada sesuatu yang apabila kamu lakukan, kamu akan saling mencintai? Yaitu sebarkanlah salam di antara kamu” (HR. Muslim).

Hadist ini sejalan dengan ayat: “Dan jika dihormati dengan suatu penghormatan, balaslah penghormatan itu dengan dengan yang lebih baik dari padanya (yang serupa).” (Q.S. al-Nisa’/4:86).

Baca juga : Etika Terhadap Non-Muslim

Sebuah riwayat dari Ama’ binti Abi Bakar (W.73H) bertanya kepada Nabi prihal kedatangan ibunya yang masih berstatus non muslim. Apakah boleh menyambut dan bersilaturrahim dengannya, lalu Nabi menjawab: “Sambutlah ibu dan bersilaturrahimlah dengannya”. (HR. Bukhari dan Muslim).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.