Dark/Light Mode

Etika Politik Nabi Muhammad SAW (9)

Jangan Memuja Pejabat (1)

Kamis, 24 September 2020 05:49 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - DARI Ali bin al-Husain, Nabi bersabda: “Jangan kalian memuja aku melebihi hakku, sesungguhnya Allah telah menjadikan aku sebagai hambaNya sebelum menjadikanku sebagai Nabi”. (HR Tabrani, Al-Mu’jam Al-Kabir, Jilid 3, halaman 138).

Baca juga : Kedudukan Golput (2)

Dalam hadis lain riwayat Sufyan mengatakan, Nabi bersabda: “Janganlah kalian berlebihan memujiku seperti orang Nasrani memuji Isa Ibnu Maryam, tetapi katakanlah: Hamba Allah dan rasulNya. (HR Tab rani, Al-Mu’jam Al-Ausat, Jilid 2, halamam 265).

Baca juga : Kedudukan Golput (1)

Demikian pula dalam hadis Riwayat Ibn Mas’ud, yang menceritakan seorang lelaki berbicara dengan Nabi pada hari pembebasan kota Mekah (Fathu Makkah) lalu ia gemetar, maka Nabi mengatakan kepadanya: Santai saja, aku ini adalah anak seorang perempuan dari Quraiys yang memakan daging dendeng. (HR Al-Hakim, Al-Mustadrak, Jilid 3, halaman 50).

Baca juga : Sikap Nabi Terhadap Kudeta (2)

Dalam kesempatan berbeda, Ummu Salamah pernah menceritakan, Nabi bersabda: Sesungguhnya aku adalah manusia seperti kalian, dan sesungguhnya engkau sekalian mengadukan perkara kepadaku, maka semoga bukti di antara kalian jauh lebih baik dari yang lain sehingga aku dapat memutuskan perkaranya sesuai dengan yang aku dengar, maka barangsiapa yang perkaranya telah aku putuskan untuknya maka janganlah yang lain menuntutnya/mengambilnya karena sesungguhnya yang aku berikan padanya adalah bagian (potongan) dari api neraka. (HR Baihaqi, Assunan Al-Kubra, Jilid 10. halaman 143).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.