Dark/Light Mode

Etika Politik Nabi Muhammad SAW (6)

Kedudukan Pemimpin Perempuan (2)

Jumat, 18 September 2020 07:48 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedua hadis di atas terkesan Nabi membatasi perempuan untuk menjadi pemimpin, namun jika disimak dan didalami konteksnya, justru Nabi memberikan peluang kaum perempuan menjadi pemimpin jika ia mengupayakan kemampuan diri menjalankan fungsi ke pemimpinan itu.

Hal ini bisa difahami bahwa Nabi seolah dalam kapasitasnya sebagai pengamat politik yang tahu akibat yang akan terjadi manakala kepemimpinan diberikan kepada orang yang tidak siap. Bukan karena perempuan tetapi karena ketidaksiapan putri Raja Kisra Persia mengemban amanat berat itu. Apalagi Nabi tahu persis jika musuh bebuyutan nya Romawi Byzantium sedang berada di puncak kekuatan saat itu.

Baca juga : Kedudukan Pemimpin Perempuan (1)

Seandainya Nabi tegas menolak perempuan menjadi pemimpin maka redaksinya mungkin bukan menggunakan kata seperti di dalam hadis di atas. Nabi tahu peran seorang Khadijah di dalam memimpin perusahaannya Ketika ia masih di Mekah.

Nabi tidak pernah memberikan pembatasan kepada isterinya untuk beraktifitas di dunia publik. Nabi bahkan tunduk di bawah inisiatif isterinya untuk mengendalikan perusahaan yang sekian lama ia geluti.

Baca juga : Partainya Fahri Pro-Dinasti Juga

Memang ada ayat yang seolah memberikan dukungan terhadap teks hadis di atas, yaitu: “Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (lakilaki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. (QS. An-Nisa’/4:34).

Namun, para ulama berbeda pendapat mengenai implementasi ayatayat di atas. Syekh Muhammad Abduh dalam tafsir Al Manarnya tidak memutlakkan kepemimpinan lakilaki terhadap perempuan.

Baca juga : Gen Politik Kaum Quraisy (2)

Alasannya karena ayat ini menggunakan kata: bi mafaddhalahumalaihinna atau bi tafdhilihimalaihin, maksudnya sebagaimana kelebihan yang dimiliki laki-laki atas perempuan, tetapi menggunakan kata: Bima faddhalallah ba’dhahumala ba’dh, yakni sebagaimana Allah berikan di antara mereka di atas sebagian yang lain. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.