Dark/Light Mode

Kiprah Generasi Milenial

Senin, 2 November 2020 06:13 WIB
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
DR Ki Rohmad Hadiwijoyo
Dalang Wayang Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Saya agak susah untuk bisa memahami sepak terjang Josh Richards. Anak muda kelahiran Kanada ini berhasil menjadikan informasi sebagai senjata untuk menaklukkan dunia. Keberhasilan Josh berawal dari sukses sebagai “influencer” platform TikTok bersama  gangnya bernama “Sway House”. Setelah berhasil menggaet jutaan follower, beberapa tawaran menunggu. 

Berkah naik turunnya hubungan politik Amerika dan China membuat aplikasi TikTok terancam tidak boleh beroperasi di Amerika. Sebagai gantinya aplikasi Triller buatan Amerika dibuat untuk menandingi TikTok. Triller mengajak Josh bergabung sebagai Chief Strategy Officer di perusahaan tersebut. Bukan itu saja, tim sukses Presiden Donald Trump sempat merayu Josh Richards untuk join sebagai tim kampanye di bidang teknologi informasi. 

“Bukannya anak muda bisanya hanya demo dan bakar-bakaran, Mo,” celetuk Petruk sok tahu. Romo Semar kurang semangat untuk ikut nimbrung memberi komentar. Romo Semar memilih menikmati pisang rebus dan kopi pahit untuk sarapan pagi. Seperti biasa, kepulan asap rokok tingwe membuat Semar flash back ke zaman kiprahnya anak-anak milenial Amarta.

Baca juga : Cipta Kerja Dan Lingkungan

Kocap kacarito, Prabu Anom Gatotkaca mengadakan demo di padepokan Argo Keloso bersama Abimanyu, Wisanggeni, dan Antarejo. Tujuan demo anak-anak muda Amarta tersebut adalah selain menuntut balik kerajaan Hastina dari cengkraman Kurawa, juga menagih janji Bethara Guru. Konon Khayangan para Dewa diserang raja raksasa bernama Prabu Kala Pracona dari Gilingwesi. Bethara Guru rajanya para dewa minta bantuan Gatotkaca mengusir Kala Pracona dan patih Sekipu. Kalau Gatotkaca berhasil mengalahkan musuh dewa maka akan diberikan hadiah sebagai gelar kehormatan sebagai  “lelanange jagat”. 

Prabu Kala Pracona dan Patih Sekipu naik ke khayangan minta bidadari Supraba dan bidadari irim-irim. Kalau permitaannya tidak diberikan maka khayangan akan dihancurkan. Gatotkaca masih kecil waktu diminta jadi jagonya para dewa. Gatotkaca digembleng dulu di kawah Candradimuka sebelum maju melawan Kala Pracona. Semua senjata dan kekuatan diberikan kepada Gatotkaca. Maka setelah Gatotkaca keluar dari kawah Candradimuka kesaktiannya bertambah. Gatotkaca dengan mudah dapat mengalahkan Prabu Kala Pracona dan Patih Sekipu.

Gelar kehormatan “lelanange jagat” tidak kunjung diberikan kepada Gatotkaca walaupun sudah berhasil mengalahkan musuh-musuh dewa. Gatotkaca sengaja bertapa dan melakukan demo di Arga Keloso untuk mengingatkan Bethara Guru yang sudah lupa akan janji-janjinya. 

Baca juga : Tunggangan Para Dewa

Di sisi lain, Kurawa merasa terganggu dengan kehadiran Gatotkaca di Arga Keloso. Selain mengganggu ketertiban umum Gatotkaca terang-terangan melawan Prabu Duryudono. Anak-anak muda Amarta dituduh melakukan makar. Terjadilah pertempuran antara Kurawa dan Gatotkaca. Pasukan kurawa di bawah komando patih Sengkuni kocar-kacir melawan Gatotkaca dan Antareja. 

Melihat kegaduhan di Arga Keloso Dewa Narada turun tangan untuk melerai. Gatotkaca diajak ke Khayangan menghadap Bethara Guru untuk menerima gelar kehormatan “lelanange jagat”. Selain itu Gatotkaca diminta kembali ke Prenggondani karena kembalinya kerajaan Hastina kepada Pandawa harus menunggu terjadinya perang Baratayuda.

“Gatotkaca melakukan aksi demo untuk mengingatkan Bethara Guru dan Kurawa, Mo,” sela Petruk membuyarkan lamunan Romo Semar. “Betul tole, jangan pernah meremehkan anak-anak muda. Bayangkan jika pada tahun 1998 tidak ada mahasiswa yang  turun ke jalan, maka jalannya republik ini akan lain. Belum tentu yang jadi Presiden berikutnya Pak Habibie atau Gus Dur. Anak muda turun ke jalan untuk memperjuangkan kepentingan rakyat merupakan kontribusi nyata dari anak-anak muda kaum milenial.” Oye

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.