Dark/Light Mode

Etika Politik Nabi Muhammad SAW (31)

Kewajiban Menegakkan Keadilan (3)

Minggu, 8 November 2020 07:59 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Tetapi Nabi justru mempertegas bahwa salah satu sebab hancurnya umat-umat terdahulu adalah ketika yang mencuri adalah orang biasa maka mereka menghukumnya, tetapi jika yang mencuri adalah orang terpandang maka mereka tidak menghukumnya.

Baca juga : Kewajiban Menegakkan Keadilan (1)

Nabi mengatakan: seandainya Fatimah anak Muhammad mencuri, maka aku pun akan memotong tangannya. Membumikan nilainilai keadilan telah menjadi keharusan di dalam Islam karena Allah tidak mengutus seorang Nabi dan menurunkan kitab suci kecuali untuk dijadikan sebagai dasar dan pedoman dalam setiap keputusan termasuk dalam masalah politik.

Baca juga : Memelihara Persatuan Dan Kesatuan (2)

Di Amerika saja, sampai hari ini masih sering terjadi tindakan diskriminasi terhadap kelompok kulit hitam. Mereka belum leluasa mendapatkan pekerjaan yang layak dan dapat memberikan hasil maksimal dari aktivitas kerja mereka disebabkan oleh ras.

Baca juga : Memelihara Persatuan Dan Kesatuan (1)

Melihat 195 Abdurrahman Taj, Assiyasah As Syar’iah wa Al Fiqhu alIslami, halaman 44 fenomena tersebut sejak puluhan tahun yang lalu, tepatnya tahun 1945 banyak LSM prihatin dengan eksistensi orang-orang negro di negeri ini sehingga menuntut pemerintah untuk segera mengeluarkan sebuah Undang-Undang tentang persamaan hak demi menegakkan keadilan, terutama dalam hal mendapatkan pekerjaan, Allahu a’lam. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.