Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Etika Politik Nabi Muhammad SAW (33)

Menghindari Tidak Saling Bertegur Sapa(1)

Rabu, 11 November 2020 08:32 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebuah Riwayat dari Anas Ibn Malik mengatakan bahwa Nabi pernah bersabda: Tolonglah saudaramu yang zalim, atau yang dizalimi. Mereka mengatakan: Wahai Rasulullah, ini cara menolong seorang yang dizalimi, bagaimana cara menolong seorang yang zalim. Kata Nabi: Cegalah ia agar tidak berbuat zalim.

Dalam riwayat lain: Cegahlah ia agar tidak berbuat zalim, maka itulah bentuk pertolonganmu kepadanya. (YR Bukhari, Sahih Bukhari, Jilid 2, hal 863. Dalam hadis lain Riwayat Abdullah dari Nabi bahwasannya Rasulullah Saw bersabda: Ejekan seorang Muslim kepada saudaranya (muslim) adalah kefasikan; dan permusuhannya (perangnya) adalah kekafiran, keharaman (kehormatan) hartanya sama dengan keharaman (kehormatan) darahnya. (YR Bukhari, Sahih Bukhari, Jilid 1, hal. 27).

Baca juga : Menghindari Konfrontasi (2)

Yadis lain dari Anas bin Malik, Nabi bersabda: Janganlah engkau saling bermusuhan, jangan saling hasud, jangan saling membelakangi, dan jadilah hamba-hamba yang bersaudara. Tidak halal bagi seorang Muslim untuk tidak bertegur sapa dengan saudaranya melebihi tiga hari. (YR Bukhari, Sahih Bukhari, Jilid 1, hal. 27).

Dalam Riwayat lain dari Jabir bin Abdillah, Nabi bersabda: Takutlah engkau berbuat kezaliman, karena sesungguhnya kezaliman itu adalah kegelapan di hari kiamat. (YR Yadis riwayat Muslim, Sahih Muslim, Jilid 8, hal.18).

Baca juga : Menghindari Konfrontasi (1)

Demikian pula hadis dari Muhammad bin Ibrahim, bahwasannya Abu Salamah menceritakan kepadanya dimana antara dirinya dengan kaumnya terdapat perselisihan terkait dengan tanah. Lalu ia datang kepada Aisyah dan meceritakan hal tersebut kepadanya. Aisyah mengatakan kepadanya: Wahai Abu Salamah, hindarilah tanah (itu) karena sesungguhnya Nabi telah bersabda: ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.