Dark/Light Mode

Etika Politik Nabi Muhammad SAW (34)

Mengedepankan Musyawarah Mufakat (1)

Sabtu, 14 November 2020 08:41 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Musyawarah dan mufakat merupakan keputusan yang paling diidealkan di dalam politik Islam. Banyak hadis mengedepankan keutamaan musyawarah dan mufakat di dalam menyelesaikan setiap persoalan. Di antaranya, ialah hadis dari Umar Ibn Khathab mengatakan: Barangsiapa yang menyerukan/mengangkat dirinya sendiri sebagai penguasa atau menyerukan mengangkat orang lain tanpa musyawarah dengan orang-orang Muslim, maka hal itu tidak boleh bagimu sekalian kecuali engkau membunuh mereka. (HR Alauddin bin Hisam, Kanzu al-Ummal, Jilid 5, hal. 778).

Dalam hadis lain, Riwayat dari Abu Hurairah mengatakan, aku tidak pernah melihat seorang yang lebih banyak bermusyawarah dengan sahabatnya kecuali Nabi. (HR Baihaqi, Assunan al-Kubra, Jilid 7, hal. 45). Riwayat lain dari Anas Ibn Malik mengatakan, Nabi pernah bersabda: Tidaklah rugi orang yang istikharah, dan tidaklah menyesal orang yang bermusyawarah. (HR Malik, alMuwattha’, Jilid 3, hal. 411).

Baca juga : Menghindari Tidak Saling Bertegur Sapa(2)

Abu Hurairah juga pernah mengatakan: Nabi bersabda: Jika para pemimpinmu adalah orang-orang baikmu, dan para orang kayamu adalah orang dermawanmu; dan urusan-urusanmu senantiasa dimusyawarahkan olehmu, maka hamparan bumi akan lebih baik bagimu daripada perutnya. Tetapi jika para pemimpinmu adalah orang jahatmu, dan para orang kayamu adalah orang kikirmu; dan urusan-urusanmu tidaklah engkau musyawarahkan, maka perut bumi lebih baik untukmu daripada hamparannya. (HR Tirmizi, Sunan Tirmizi, Jilid 4, hal. 259).

Demikian pula hadis dari Ibnu Abbas mengatakan, Nabi bersabda: Barangsiapa yang ingin sesuatu, lalu ia musyawarahkan dengan seorang Muslim, maka Allah akan memberikan petunjuk/menjadikan urusannya lebih baik. (HR Tabrani, al-Mu’jam al-Ausat, Jilid 1, hal.181).

Baca juga : Menghindari Konfrontasi (2)

Hadis lain dari Abu Hurairah mengatakan, Nabi bersabda: Minta petunjuklah kepada seorang yang berakal maka engkau akan terpetunjuk, dan janganlah engkau mendurhakainya karena engkau akan menyesal. (HR riwayat Alauddin bin Hisam, Kanzu al-Ummal, Jilid 3, hal. 409).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.