Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Etika Politik Nabi Muhammad SAW (39)

Saling Menutupi Kelemahan (5)

Minggu, 29 November 2020 04:56 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Jikalau aku menunjukkan kepada mu tempat yang bisa dilalui perahu sehingga barang dan makanan yang dibawa ke kota Makkah dan Madinah bisa sampai, apakah engkau akan membebaskan kami dan keluarga kami dari kewajiban membayar pajak? Beliau mengatakan: iya saya akan membebaskan kamu. Lalu Amru bin Ash menyurat kepada Umar bin Khattab tentang hal tersebut, dan Umar bin Khattab pun menyetujui hal itu.

Begitupula Umar bin Abdul Aziz telah menginstruksikan kepada gubernurnya di Basrah Adiy bin Arta’ah. Dalam surat tersebut dikatakan: Carilah orang-orang non Muslim yang sudah tua dan tidak lagi bekerja, berikan apa yang mereka butuhkan dari Baitul Mal.

Baca juga : Saling Menutupi Kelemahan (4)

Nabi sendiri telah bersedekah kepada salah seorang kepala keluarga Yahudi. Bahkan Nabi pernah mengatakan: Seandainya Ibrahim masih hidup (anaknya Nabi) akan kubebaskan semua orang Qibti dari membayar jizyah.

Dalam lintasan sejarah dunia Islam, warga non Muslim harus diberikan bantuan finansial dari kas negara dan memanfaatkan semua fasilitas yang ada seperti halnya orang Islam. Orang Islam maupun non Muslim sama-sama berhak mendapatkan subsidi dari pemerintah. Bahkan telah menjadi keharusan bagi pemerintah untuk memantau mereka tentang apa-apa yang mereka butuhkan sehingga mereka pun mendapatkan hak-haknya.

Baca juga : Saling Menutupi Kelemahan (3)

Selain itu, Islam juga memberikan kesempatan kepada non Muslim untuk menikmati segala fasilitas yang ada dalam negara termasuk pelayanan umum. Hal tersebut merupakan satu ketentuan di mana Islam adalah agama yang menjunjung tinggi nilai keadilan dan kamanusiaan dan tidak mengenal diskriminasi.

Islam telah banyak memberikan sumbangsih yang sangat besar dalam dinamika kehidupan bermasyarakat sepanjang sejarah serta mengajak setiap orang untuk berinteraksi dengan siapa saja dengan penuh penghormatan dan saling menghargai satu sama lain. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.