Dark/Light Mode

Etika Politik Nabi Muhammad SAW (39)

Saling Menutupi Kelemahan (3)

Jumat, 27 November 2020 09:30 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagian ahli sejarah mengatakan bahwa musim paceklik itu berlangsung selama kurang lebih 9 bulan. Tetapi sebagian yang lain mengatakan bahwa musim paceklik itu tidak hanya terjadi pada tahun tersebut tetapi terjadi juga pada tahun-tahun yang lain.

Baca juga : Saling Menutupi Kelemahan (2)

Menurut pendapat terakhir ini bahwa am arramadah memuncak pada tahun ke-18 H sedangkan sebelum-sebelumnya tidak terlalu parah. Karena itu, Umar bin Khattab berusaha keras untuk mencari solusi bagaimana caranya sehingga ia dapat keluar dengan masyarakat Madinah dari krisis yang sangat menyiksa itu. Salah satu cara yang ditempuh oleh Umar bin Khattab adalah dengan mengirim surat kepada para gubernurnya yang ada di beberapa wilayah kekuasaan Islam termasuk Mesir. Setelah surat umar bin Khattab sampai kepada Amru bin Ash maka kemudian Amru menjawab surat itu dengan mengatakan: “Bismillahirrahmanirrahim, kepada hamba Allah Umar bin Khattab Amirul Mukminin. Keselamatan atasmu, Sesungguhnya aku memuji Allah yang tiada Tuhan selain-Nya. Selanjutnya, bantuan akan datang kepadamu. Aku akan mengirim makanan; dan semoga aku bisa juga mengirimnya lewat laut”.

Baca juga : Saling Menutupi Kelemahan (1)

Ada riwayat mengatakan bahwa Amru bin Ash telah mengirim sekitar 1000 hewan yang membawa makanan seperti gandum, sedangkan melalui laut sekitar 20 perahu yang membawa gandum dan minyak atau mentega, termasuk mengirim kepada Umar bin Khattab 5000 pakaian.

Baca juga : Tidak Menolerir Kekerasan (2)

Apa yang dilakukan Umar bin Khattab kepada Amru bin Ash juga ia lakukan dengan mengirim surat kepada beberapa pejabatnya yang lain seperti Muawiyah bin Abi Sufyan, dan Saad. Mereka semuanya merespon baik apa yang diharapkan oleh Umar bin Khattab berupa bantuan makanan kepada penduduk Madinah yang sedang dilanda kelaparan yang berkepanjangan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.