Dark/Light Mode

Etika Politik Nabi Muhammad SAW (40)

Tak Membedakan Warna Kulit (3)

Rabu, 2 Desember 2020 04:51 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Lalu Nabi mengangkat bajunya, lalu Usaid memeluknya sambil mencium perut Nabi seraya mengatakan: Demi ayahku, engkau dan ibuku, aku menginginkan ini. (HR Baihaqi, Assunan al-Kubra, Jilid 8, hal. 49).

Baca juga : Tak Membedakan Warna Kulit (2)

Hadis lain dari Habban bin Wasi’, dari para tokoh dan pemuka kaumnya, bahwa Nabi pada waktu perang Badar meluruskan barisan para sahabatnya. Dan di tangan Nabi ada busur yang dipakai untuk meluruskan barisan kaum, lalu Nabi melewati Sawad bin Gaziyyah sekutu Bani Adiy Annajjar. Mengatakan: Sawad keluar dari barisan, lalu Nabi menekan perutnya dengan busur. Nabi mengatakan: Luruskan wahai Sawad. Lalu Sawad mengatakan: engaku telah menyakitiku ya Rasulallah, dan allah telah mengutusmu dengan adil, maka aku ingin membalas. Nabi mengatakan kepadanya: Membalaslah wahai Sawad. Sawad mengatakan: wahai baginda Nabi engkau telah menyakitiku dalam keadaan tidak pakai baju. Lalu Nabi membuka pakaiannya sehingga kelihatan perutnya seraya mengatakan: Membalaslah wahai Sawad. Lalu Sawad memeluknya dan mencium perutnya. Lalu Nabi mengatakan: apa yang membuatmu Sawad bertingkah seperti ini? Sawad mengatakan: seperti yang engkau lihat, dan aku tidak aman dari kematian. Aku ingin di akhir hidupku bersamamu dengan menyentuhkan kulitku di kulitmu. Lalu Nabi mendoakannya dengan baik. (HR Abu Nuaim, Ma’rifat al-Ssahabah, Jilid 10, hal. 71).

Baca juga : Tak Membedakan Warna Kulit (1)

Dari berbagai hadis di atas dapat disimpulkan bahwa Nabi Muhammad Saw adalah seorang figur yang memiliki sekaligus selalu menyadari visi dan misi yang diembannya, tanpa membedakan etnik, warna kulit, jenis kelamin, dan ikatan primordial lainnya. Seandainya ada konsep kewarganegaraan pada masanya mungkin juga akan dikembangkan pengakuan yang sama dengan warga negara lain dalam berbagai hal. Sikap Nabi ini amat mulia untuk dicontoh. Allahu a’lam.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.