Dark/Light Mode

Etika Politik Nabi Muhammad SAW (55)

Fenomena Deterritorialisasi Dunia Islam (3)

Kamis, 21 Januari 2021 05:02 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Repotnya, ketika sebagian di antara mereka ditugasi memusuhi atau meny­erang salah satu negara muslim, mereka betul-betul mengalami shock, seperti sejumlah tantara muslim AS yang ditugaskan di medan perang melawan tentara Saddam Hussein yang beragama Islam. Banyak di antara mereka terpak­sa dirawat di rumah sakit jiwa karena mengalami stres berat.

Baca juga : Fenomena Deterritorialisasi Dunia Islam (2)

Keterikatan mereka dengan negeri asal kelahirannya di dunia Islam sangat kuat karena tokoh-tokoh keagamaan kharismatik dari negerinya tetap dijalin. Bahkan secara periodik mereka men­ziarahi tokoh tersebut atau tokoh spiri­tual itu didatangkan ke negeri baru ini, untuk memberikan pencerahan kepada segenap warga muslim, baik generasi awal maupun generasi kedua.

Baca juga : Fenomena Deterritorialisasi Dunia Islam (1)

Yang lebih menarik ialah generasi kedua muslim ini dituntut oleh negeri baru ini untuk memberikan loyalitas penuh, sebagaimana halnya warga lainnya yang lahir di negeri asalnya. Termasuk pembayaran zakat mal, masih sering dikirim ke negeri asal mereka.**

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.