Dark/Light Mode

Etika Politik Nabi Muhammad SAW (55)

Fenomena Deterritorialisasi Dunia Islam (2)

Rabu, 20 Januari 2021 05:02 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah migran muslim menyerbu bekas negara-negara yang pernah menjajah negerinya, mengadu nasib ke negara-neg­ara tersebut, seperti warga muslim di ka­wasan Afrika seperti Marocco, Tunisia, Aljazair, Mesir, melakukan eksodus ke Perancis.

Berita Terkait : Fenomena Deterritorialisasi Dunia Islam (3)

Demikian pula negara-negara muslim lainnya yang pernah dijajah oleh Inggris karena tekanan ekonomi, maka mereka berbondong-bondong memasuki Inggris. Belum lagi mereka yang lari dan mencari suaka politik karena kekisru­han politik di negerinya. Yang lainnya, semula melanjutkan studi di negara-negara maju tersebut tetapi mereka tidak mau lagi kembali ke negerinya karena mereka mendapatkan pekerjaan yang lebih layak di negeri tempat di mana mereka pernah melakukan sudi.

Berita Terkait : Fenomena Deterritorialisasi Dunia Islam (1)

Salah satu contoh Indonesia sendiri dikenal sebagai salah satu negara yang penduduknya ada di berbagai negera maju. Di Rusia, Belanda, dan Yugoslavia banyak sekali warga Indonesia yang tinggal beranak cucu di sana dengan memanfaatkan kedekatan his­toris antara Indonesia dengan negara-negara tersebut. Bahkan sudah kawin mawin dengan warga Negara setempat. Meskipun demikian, rasa ke-Indone­siaan dan Islam yang berke-Indonesiaan masih tetap dipertahankan di sana, walaupun mereka sudah termasuk generasi kedua di negeri tersebut.
 Selanjutnya