Dark/Light Mode

Etika Politik Nabi Muhammad SAW (60)

Saling Menutupi Kelemahan (2)

Minggu, 7 Februari 2021 05:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Islam sejak awal se­lalu memberikan ke­bebasan kepada selu­ruh warga masyarakat memilih agama dan kepercayaan secara bebas dan bertang­gung jawab. Dalam menyebarkan dak­wah Islam, bagi umat Islam tidak boleh menggunakan cara-cara kekerasan dan berbagai tekanan lain yang ditujukan kepada sasaran dakwah.

Baca juga : Saling Menutupi Kelemahan

Nabi mencontohkan bahwa meskipun dirinya memiliki otoritas kekuasaan penuh di Madinah sebagai Nabi, Rasul, dan sekaligus Kepala Negara, tetapi tidak pernah mengusir orang-orang yang beragama lain, walau itu kelom­pok kepercayaan seperti kepercayaan Mazusi dan Zoroaster. Mereka tetap mendapatkan perlindungan penuh dari Nabi sebagai kepala otoritas dan pemer­intahan kota Madinah.

Baca juga : Mempersiapkan Khaira Ummah (3)

Nabi, sejak awal memberikan petun­juk bagaimana hudup bermasyarakat secara ideal. Mulai dari kehidupan di dalam keluarga, bertetangga, ber­bangsa, dan bernegara. Contoh dalam kehidupan bertetangga, mungkin susah menjumpai ajaran agama selain Islam yang mengatur secara khusus kehidu­pan bertetangga.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.