Dark/Light Mode

Etika Politik Nabi Muhammad SAW (60)

Mempersiapkan Khaira Ummah(1)

Rabu, 3 Februari 2021 06:41 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - The Royal Aal al-Baut Institute for Isamic Thought, sebuah institusi semi pemerintah yang didukung penuh oleh H.R.H Prince Ghazi bin Muhammad bin Talal, keluarga sekaligus penasehat senior kerajaan Yordania, setiap tahun menyelenggarakan semacam Islamic Conference yang diberi nama: The Project of A Viable and Sustinable Modern Islamic State.

Kegiatan lainnya melakukan Joint Research and Interfaith Dialog dengan Lembaga-lembaga research bergengsi di dunia. Dari hasil research setiap tahun, Lembaga ini menerbitkan buku atau journal terkenal: The World’s 500 Most Influentioal Muslims, menyeleksi 500 tokoh muslim paling berpengaruh di dunia dari tahun ke tahun.

Baca juga : Non Muslim Berhak Subsidi Pemerintahan (2)

Mungkin karena Covid-19, tahun ini tidak diselenggarakan acara yang ditunggu-tunggu banyak orang itu. Konferensi tahun lalu diangkat sebuah tema menarik, yaitu: Mengaktualisasikan nilai-nilai Islam di dalam masyarakat dan negara modern.

Tidak kurang dari 200 pakar diundang dari berbagai negara untuk merumuskan apa yang diistilahkan dengan “Project” penyelarasan dan pengembangan umat dan negara. Para peserta diminta tidak hanya memaparkan aspek teoritis, tetapi sekaligus langkah-langkah konkrit, sekaligus pengalaman negara masing-masing di dalam menjembatani antara nilai-nilai keumatan dan nilai-nilai kemodernan.

Baca juga : Non Muslim Berhak Subsidi Pemerintahan (1)

Para peserta umumnya melihat pentingnya menghidupkan dan melestarikan nilai-nilai keumatan dan nilai-nilai kemodernan berjalan seiring dan paralel.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.