Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Membangun Peradaban Berbasis Masjid (5)

Fungsi Masjid Nabi (3): Tempat Pendidikan Formal (2)

Minggu, 21 Februari 2021 05:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Ini semua pertanda bagaimana anak-anak pada masa Nabi berkerumun di masjid. Dalam riwayat lain, Nabi sering mengelus-elus kepala anak-anak, sehingga anak-anak merasa leb­ih dekat kepada Nabi. Jadi, mulai anak-anak kecil sampai kakek nenek, semuanya sangat akrab dengan Nabi.

Baca juga : Fungsi Masjid Nabi (3): Tempat Pendidikan Formal (1)

Demikian pula anak-anak remaja. Pada masa itu, ada sejumlah anak remaja beranjak dewasa. Di antaranya Abdullah ibn Umar, Abdullah ibn Abbas, Abdullah ibn Zubair, dan Abdullah ibn Mas’ud. Ayah mereka dikenal sebagai sahabat senior (kibar al-shahabah) dan anak-anak mereka disebut shabat kecil (shigar al-shahabah). Abdullah ibn Abbas salah seorang sahabat yunior paling aktif mengejar Nabi. Di mana Nabi sendirian di situ ia menjumpai Nabi dengan pertan­yaan yang sudah siap untuk ditanyakan.

Baca juga : Fungsi Masjid Nabi (2): Pusat Informasi Publik (2)

Suatu Ketika, Ibnu Abbas terlibat diskusi intensif dengan Nabi hingga sahabat senior tidak berani mengganggunya. Seusai pertemuan itu, para sahabat me­nanyakan apa yang didiskusikan dengan Nabi begitu lama? Ibnu Abbas menjawab saya menanyakan makna dari ayat 12 surah al-Thalaq: (Allah-lah yang men­ciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi. Perintah Allah berlaku padanya, agar kamu mengetahui bahwasanya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, dan ses­ungguhnya Allah, ilmu-Nya benar-benar meliputi segala sesuatu). Para sahabat meminta bagaimana penjelasan Nabi tentang ayat itu. Ia menjawab, jangan, “Kalau saya jelaskan penjelasan Nabi kepada saya tentang makna ayat tersebut maka kalian pasti akan merajamku”.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.