Dark/Light Mode

Membangun Peradaban Berbasis Masjid (5)

Fungsi Masjid Nabi (3): Tempat Pendidikan Formal (2)

Minggu, 21 Februari 2021 05:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Kisah ini mengisyaratkan bagaimana masjid Nabi tercipta sebuah atmosfir akademik yang sudah barang tentu digemari oleh kelas masyarakat tertentu yang haus akan ilmu pengetahuan.

Baca juga : Fungsi Masjid Nabi (3): Tempat Pendidikan Formal (1)

Di masjid, Nabi sendiri menjadi guru. Setiap wahyu yang baru diterima dari Jibril disampaikan dan dijelaskan mak­sudnya oleh Nabi dan sejumlah sahabat berfungsi untuk mencatat informasi itu, sebagaimana layaknya orang yang sedang mengikuti kuliah. Nabi juga menyiapkan kelas khusus untuk kaum perempuan sebagai tuntutan mereka para shabat perempuan yang menginginkan juga ada kelas khusus untuk kaum perempuan.

Baca juga : Fungsi Masjid Nabi (2): Pusat Informasi Publik (2)

Itulah masjid Nabi, selain tempat penyelenggaraan ibadah mahdhah juga berfungsi sebagai sekolah dan kampus. Di bagian lain, masjid Nabi juga berfungsi sebagai balai Latihan Keterampilan sebagaimana akan diuraikan dalam artikel mendatang.(*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.