Dark/Light Mode

Membangun Peradaban Berbasis Masjid (5)

Fungsi Masjid Nabi (4): Balai Keterampilan (2)

Jumat, 26 Februari 2021 05:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Nabi menyetujui pendapat Abu Bakar, lalu beliau meminta supaya diidentifikasi masing-masing tawanan perang yang sedang ditawan di pekarangan masjid Nabi berdasarkan keahlian dan keterampilan masing-masing. Setiap tawanan perang yang memiliki keterampilan ditebus dengan mengajarkan keterampilan kepada penduduk Madinah.

Baca juga : Fungsi Masjid Nabi (4): Balai Keterampilan (1)

Nabi menginstruksikan setiap kelas terdiri atas 20 orang. Para tawanan perang diminta mengajarkan ilmunya kepada masyarakat. Waktu itu kelas-kelas masyarakat dibedakan berdasarkan talenta yang dimilikinya. Ada keterampilan membuat senjata modern, tukang besi, tukang kayu, dan tukang batu untuk kaum laki-laki, dan keterampilan menyamak kulit, kuliner, dan salon kecantikan untuk kaum perempuan.

Baca juga : Menjauhi Pengkhianat (2)

Kurang dari tiga tahun, masyarakat Madinah menikmati buah keterampilan yang diajarkan para tawanan perang. Mereka diseleksi lalu dimerdekakan dengan syarat memberikan keterampilan berkelanjutan kepada kaum pribumi di Madinah. Satu persatu tawanan perang itu memeluk agama Islam tanpa sedikit pun paksaan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.