Dark/Light Mode

Peran Politik Santri Dalam Lintasan Sejarah (1)

Entitas Santri (2)

Jumat, 30 Juli 2021 06:30 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Tentu saja apa yang dikemukakan oleh Geertz tersebut, tidak dapat me­wakili pengertian santri yang sebe­narnya, karena tidak mencerminkan sebagai bagian dari sebuah lembaga yang mengkhususkan diri pada pen­didikan agama. Meskipun uraian Geertz banyak dikeritik orang, tetapi harus diakui bahwa potret sosio-religious masyarakat Jawa amat membantu ban­yak orang untuk memahami komunitas masyarakat Jawa.

Baca juga : Entitas Santri

Dari berbagai definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa pengertian santri tidak hanya terbatas pada orang yang sedang dan pernah mengenyam pen­didikan agama di pondok pesantren di bawah asuhan para kiai-ulama, melaink­an juga kepada mereka yang belajar dan memahami ilmu-ilmu keagamaan baik secara otodidak maupun secara insti­tusi formal yang kemudian diwujudkan dalam aktifitas kesehariannya. Bahkan kata santri dekade terakhir ini menga­lami extensi makna karena orang-orang non-pesantren yang mempunyai afiliasi ideologi santri juga dikategorikan seba­gai “kelompok santri”. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.