Dark/Light Mode

Peristiwa Qurban:

Ismail Atau Ishaq? (4)

Minggu, 25 Juli 2021 06:15 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Ia menjawab: “Hai bapakku, kerjakan­lah apa yang diper­intahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar”.

Baca juga : Ismail atau Ishaq? (3)

Maksud ayat ini ialah anak yang me­nyertainya ke Syam adalah Ishaq. Mereka meyakini bahwa penyembelihan itu terjadi di Syam, bu­kan di Mina atau pun Baytul Muqaddas. Golongan ini juga menambahkan bahwa di akhir kisah penyembelihan dalam surat as-Shaffat/37:112: Dan Kami beri dia kabar gembira dengan kelahiran Ishak, seorang nabi yang termasuk orang-orang yang saleh. (Lihat Ar-Razi, Mafatih al-Ghayb, Jilid IX, halaman 347).

Baca juga : Ismail atau Ishaq? (2)

Kedua, tulisan Ya’qub ke Yusuf: “Dari Ya’qub dari bangsa Israil Nabi Allah ibn Ishaq “disembelihan Allah” ibn Ibrahim “kekasih Allah”). (Ar-Razi, Mafatih al-Ghayb, Jilid IX, halaman 348).

Baca juga : Ismail atau Ishaq? (1)

Ketiga, sebuah riwayat shahih yang bersumber dari Abdullah bin Mas’ud bahwa seseorang berkata kepadanya: “Wahai anak orang tua yang mulia”! (Ya ibna al-asyakh al-kiram!).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.