Dark/Light Mode

Peran Politik Santri Dalam Lintasan Sejarah (1)

Entitas Santri

Kamis, 29 Juli 2021 06:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengertian santri secara etimologi ber­beda pendapat di ka­langan para ahli, se­bagaimana diuraikan Prof Zamakhsyari Dhofier di dalam di­sertasinya (Tradisi Pesantren). Ada yang mengatakan, santri gabungan dari dua suku kata Sansekerta yaitu sant berarti orang baik dan tra yang berarti suka menolong.

Baca juga : Ismail Atau Ishaq? (7)

Santri kemudian difahami sebagai kumpulan individu yang terdidik, khususnya dalam ilmu-ilmu keislaman, yang berorientasi pada aksi-aksi sosial-kemasyarakatan.

Baca juga : Ismail Atau Ishaq? (6)

Yang lainnya mengatakan, kata santri berasal dari bahasa Tamil berarti guru mengaji. Ada juga yang mengatakan be­rasal dari kata India (Sansekerta) shastri yang berarti orang yang tahu kitab-kitab suci (Hindu), atau seorang ulama dalam pengertian Islam Indonesia.

Baca juga : Ismail Atau Ishaq? (5)

Dalam Ensiklopedia Pendidikan dikemukakan, kata santri berarti orang yang belajar agama Islam, sehingga pesantren mempunyai arti tempat orang berkumpul untuk belajar agama Islam.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.