Dark/Light Mode

Peran Politik Santri Dalam Lintasan Sejarah (4)

Peran Pesantren Di Kehidupan Sosial-Politik (3)

Sabtu, 21 Agustus 2021 06:18 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam perkemban­gan selanjutnya, seiring perkembangan zaman, yaitu orientasi pemban­gunan yang dijalankan oleh pemerintahan Orde Baru, bentuk partisipasi pesantren dalam pengembangan kehidupan sosial-kemasyarakatan juga mengalami perkembangan dan peruba­han.

Baca juga : Peran Pesantren Dalam Kehidupan Sosial-Politik (2)

Hal ini dimulai dengan perubahan orientasi pendidikan, yang mulanya hanya berupa ilmu-ilmu Islam tradis­ional, maka pada tahap perkemban­gan selanjutnya ditambahkan den­gan ilmu pengetahuan umum, yaitu Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Pasti yang dapat diter­apkan, seperti Matematika, Fisika, Kimia, Bahasa Asing modern, Teknik Pertanian, Perkebunan, Perunggasan, Perikanan, dan lain sebagainya.

Baca juga : Peran Pesantren Dalam Kehidupan Sosial-Politik (1)

Pada dekade 1970-an, pesantren sebagai pendidikan tradisional yang sering dipandang ketinggalan zaman, mengalami perkembangan berarti. Pada saat itu, Pemerintah berusaha melibatkan lembaga ini dalam kegiatan-kegiatan pembangunan.

Baca juga : Peran Politik Santri Pasca Kemerdekaan (Orde Baru) (8)

Hal ini karena program-program pembangunan yang dicanangkan Pemerintah secara subtansial menuntut keterlibatan pesantren sebagai lembaga pendidikan dan sosial yang memiliki basis di masyarakat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.